10 CLOVERFIELD LANE (2016)

Dir: Dan Trachtenberg
Genre: Suspense, Mystery



Tidak pernah terpikir sama sekali film monster Cloverfield dibuatkan "kelanjutan" dengan arah seperti ini. Menggantikan genre sci fi thriller dari film yang sebelumnya lalu tidak menggunakan format found footage. Meskipun masih dengan style produksi yang sama, yaitu penuh kerahasiaan dan menggunakan sutradara debutan Dan Trachtenberg, yang masih asing di Hollywood.

Cerita film bermula dari Michelle (Mary Elisabeth Winstead) yang memutuskan untuk berpisah dari pacarnya dan menuju ke suatu tempat dengan mengendarai mobilnya. Sampai pada suatu tempat ia mengalami kecelakaan hebat.

Kisah film berlanjut manakala Michelle terbangun di sebuah bunker milik Howard (John Goodman). Howard bersikeras agar mereka tidak keluar dari bunker karena menurut Howard telah terjadi bencana nuklir di luar bunker. Michelle penasaran dengan keadaan di luar bunker dan memaksa Howard untuk mengijinkannya keluar. Saat Michelle melihat seorang wanita dengan kulit yang terbakar barulah Michelle percaya ada sesuatu yang tidak beres terjadi di luar bunker. Michelle pun terpaksa tinggal di bunker bersama Howard dan Emmet (John Galagher Jr.) kontraktor yang membangun bunker milik Howard.

Apa sebenarnya yang terjadi di luar bunker. Apakah Howard benar-benar seorang yang baik? atau malah Howard adalah doomsday prepper yang paranoid?




Sebagai sebuah film yang mencatut judul Cloverfield dan dipasarkan secara rahasia, tentunya banyak yang mengira atau berekspektasi film ini adalah kelanjutan dari film Cloverfield yang memang memiliki ending yang menggantung. Tetapi tentu saja JJ Abrams, selaku produser (dan pemimpin kreatifitas) film ini tidak mengambil opsi sekuel yang standar. Tonton saja dan lihat arah kreatif yang berbeda dan segar. Skrip dari Matthew Suecken, Josh Campbell dan Damien Chazelle (sutradara/penulis Whiplash nih..) serta tangan dingin J.J. Abrams nampaknya berpengaruh besar dalam keputusan ini.

Mary Elisabeth Winstead adalah salah satu aktris hollywood yang gemar bermain film-film berbujet kecil nampaknya memang ingin sekali mengasah aktingnya, selain karena nama besar yang belum dimilikinya. Dan aktingnya di film ini sangatlah baik. Ia mampu menampilkan sosok Michelle yang penasaran apa yang terjadi, penuh kecurigaan dengan Howard sekaligus penuh akal dan tangguh. Yang saya suka juga adalah MEW mampu berakting dengan matanya, saat ia mendelik melihat ke langit-langit bunker seakan berbicara bahwa dirinya penasaran.

Sementara John Goodman menunjukkan kapasitasnya sebagai aktor senior. Dengan kematangannya dia bisa tampil ramah, kebapakan, namun juga sekaligus mencurigakan dan nampak bengis. Seperti perpaduan dari karakternya di film Big Lebowski dan karakter ayah di Coyote Ugly. Sangat menyegarkan. Sementara John Gallagher Jr. bermain dengan baik sebagai Emmet yang percaya ke Howard namun juga suportif ke Michelle.



Terakhir, Dan Trachtenberg dalam film debutnya di Hollywood, apalagi diproduseri J.J. Abrams, sosok bernama besar di Hollywood mampu mengarahkan film ini dengan sangat baik dan penuh intensitas. Ketegangannya terjaga sejak awal film sampai pada akhir film yang genrenya diubah secara drastis, namun tidak jomplang. Semuanya seimbang, tidak berlebihan di akhir film yang sedemikian klimaks juga. 

Salah satu film terbaik tahun ini.

Rate: 4.75 out of 5 stars

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Flight 7500

MISTERI DILAILA V2 (2019) - THRILLER HOROR DENGAN TATA PRODUKSI APIK

SUNDUL GAN: THE STORY OF KASKUS (2016)