GODS OF EGYPT (2016)

[Short Review]
Dir: Alex Proyas
Cast: Nikolaj Coster-Waldau, Gerard Butler, Brenton Thwaites, Elodie Yung, Courtney Eaton, Rufus Sewell, Chadwick Boseman, Geoffrey Rush

Genre: Fantasy, Action, Adventure


Alex Proyas adalah salah satu sutradara berpengalaman dengan karya-karya  seperti The Crow, Dark City, I, Robot dan Knowing, yang meskipun bukan film peraih berbagai penghargaan, namun merupakan film-film yang diapresiasi dengan baik oleh penonton. Berbanding terbalik dengan Gods of Egypt yang dihujat tajam oleh kritikus dan gagal dalam meraih keuntungan saat diedarkan.

Padahal film ini tidak jelek. Mengangkat kisah fantasi dari mitos Mesir Kuno dimana para dewa dan manusia hidup berdampingan. Perdamaian di Mesir terganggu oleh ulah Set (Gerard Butler) yang merebut tahta Raja Mesir Kuno dari kakaknya, Osiris (Bryan Brown) saat hendak menginagurasi sang anak, Horus (Nikolaj Coster-Waldau) sebagai penerusnya. Kematian Osiris dan insiden dicabutnya dua bola mata Horus oleh Set menandakan periode buruk dalam kehidupan Mesir Kuno di bawah tahta Set. 


Perbudakan dan kezaliman Set dalam memerintah membuat rakyat Mesir menderita. Hal itu yang membuat Bek (Brenton Thwaites) dengan istrinya Zaya (Courtney Eaton) bertekad untuk mencari Horus dan membantunya untuk merebut mahkotanya dari tangan Set.

Patut diakui, sisi cerita dan aliran plot film ini memang tidak istimewa, namun juga tidak jelek. Cukup seru dan mendebarkan, apalagi didukung efek spesial dari CGI, animasi sampai kostum. Karakter-karakter dewa dalam wujud aslinya juga unik, mengingatkan akan anime Saint Seiya. Dari sisi akting saya akui sangat buruk pada karakter Horus. Nikolaj Coster-Waldau yang berpengalaman di serial Game of Thrones nampak tidak mempunyai kharisma sebagai dewa yang hebat dan tampak letih sebagai seorang leading man. Sisanya bermain baik, termasuk Gerard Butler di peran antagonis yang jarang ia lakoni.


Singkatnya, film ini adalah film petualangan yang cukup seru, tidak buruk sama sekali. Nikmati film ini dengan kondisi rileks tanpa berekspektasi macam-macam. Kecuali mau mikir macam-macam akan tampil seksinya Elodie Yung dan (terutama) Courtney Eaton di sini. Pleasures for the eyes

Rate: 3 out of 5 Stars

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Flight 7500

MISTERI DILAILA V2 (2019) - THRILLER HOROR DENGAN TATA PRODUKSI APIK

SUNDUL GAN: THE STORY OF KASKUS (2016)