Langsung ke konten utama

MY STUPID BOSS (2016)

Dir: Upi Avianto
Cast : Reza Rahadian, Bunga Citra Lestari, Alex Abbad, Kinwah Chew, Iskandar Zulkarnain, Atikah Suhaime, Bront Palarae
Genre: Comedy




Diangkat dari buah tulisan Chaos@Work sebagai seorang keturunan tionghoa yang bekerja di bawah atasan atau boss yang luar biasa merepotkan, film My Stupid Boss ini lahir di bawah kendali sutradara berpengalaman Upi (30 Hari Mencari Cinta, Realita, Cinta & Rock n Roll, Serigala Terakhir, Belenggu), Dengan membawa 2 bintang utama dari film indonesia terlaris nomer 2 sepanjang masa, Habibie Ainun, yaitu duet Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari (BCL).

Melalui promosi trailer yang gencar menampilkan karakter Reza yang dipermak sedemikian rupa menjadi seorang pria gemuk, berwajah tengil dan berkarakter bossy namun bodoh, kita sudah menebak bahwa Reza akan bermain luar biasa di sini. Setelah sebelumnya bermain di film komedi, Finding Srimulat, walau tak banyak berakting lucu, di sini Reza menunjukkan kapasitasnya sebagai aktor multi talenta dan aktor watak Indonesia nomer wahid saat ini.

Film dibuka dengan proses wawancara "unik bin aneh" yang dilalui oleh Diana (BCL) sebagai kepala administrasi di perusahaan asal Malaysia yang dipimpin oleh Bossman (Reza Rahadian). Diana menyadari bahwa dunia kerjanya akan menghadapi berbagai masalah setelah mengenal atasannya yang luar biasa mengesalkan. Benar saja, sepanjang film kita melihat berbagai tingkah laku mengesalkan Bossman yang membuat kesal para karyawannya, terutama Diana.



Sebagai sebuah film komedi yang menekankan tokoh karakter sebagai judulnya, film ini sangat sukses mengeksploitasi sang "Stupid Boss". Berbagai kelucuan, polah ajaib, kekikiran, serta berbagai sikap Bossman sukses membuat saya takjub sekaligus geleng-geleng kepala keheranan "kok ada ya orang seperti itu?". Ini merupakan kunci keberhasilan film ini.

Didukung penampilan penuh rasa gemas BCL, gaya nyeleneh & cuek Alex Abbad serta penampilan meyakinkan dari 4 supporting actors asal Malaysia yang tampil apik sebagai anak buah Bossman dan rekan kerja Diana, film ini semakin lengkap dan mengkilap dari segi akting. Desain produksi film ini pun sangat baik, dengan tone warna yang paduan klasik dengan dominan coklat serta musik latar melayu menambah nilai film ini.


Sedikit kekurangan adalah di menjelang akhir film saat skenario berusaha mengubah karakter Bossman ke sisi yang berbeda. Terlihat dipaksa sebagai sebuah alasan bagi Diana bersikap lunak, dan setelah itu pun film bergerak ke arah penutup yang nanggung sehingga meninggalkan kesan "kok gitu saja'. Bukan sebuah kekurangan yang fatal, karena sebelum kita sampai poin tersebut kita sudah dipuaskan oleh berbagai polah Bossman dan rasa gemas Diana serta anak buah Bossman yang sedemikian kesalnya menghadapi Boss yang benar-benar stupid.

Singkat kata, film ini adalah sebuah komedi ringan yang menghibur, dengan teknik produksi nomer wahid dan akting kelas satu dari seorang maestro akting Indonesia, Reza Rahadian.

Rate: 3,5 out of 5 stars

Komentar

  1. good for you, the film deserves much love :)

    BalasHapus
  2. Artikel tentang film ini juga ada di zipdip.tk :)
    Jangan lupa berkunjung ke sana ya... :)

    BalasHapus
  3. Thanks abang reviewnya, gw jadi makin pengen nonton ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nonton lah, Cha.. seru lho.. jadi inget bos MCU hahahahaha

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

A: AKU, BENCI & CINTA (2017)

Dir: Rizki Balki
Scriptwriter: Alim Sudio
Cast: Jefri Nichol, Indah Permatasari, Brandon Salim, Syifa Hadju, TJ, Amanda Rawles Genre: Teen Romance Comedy, Drama



Tahun 2017 ini merupakan kebangkitan film indonesia di genre romance.. setelah Dear Nathan dan Sweet 20 yang mampu tampil bagus dan memikat penonton, kini ada A: Aku, Benci & Cinta (selanjutnya disebut fim ABC) yang juga tampil baik.
Memakai formula film-film komedi romantis ala thailand, yang banyak menyisipi komedi yang absurd nan kocak dalam tiap film romantisnya. Film ABC ini berhasil memadukan formula tersebut. Alkisah, 3 sahabat Alvaro (Jefri Nnichol), Alex (Brandon Salim) dan Athala (Amanda Rawles) yang tengah menghadapi persoalan cinta segitiga mengalami musibah saat Athala mengalami kecelakaan dan koma selama setahun lebih. Alex dan Alvaro bergantian menjaga Athala setiap hari di rumah sakit.


Sementara di sekolah, Alvaro yang seorang ketua osis dan playboy di sekolah selalu terlibat konflik dengan Anggia (Indah Perma…

WONDER (2017)

Dir: Stephen Chbosky
Screenplay: Stephen Chbosky, Steve Conrad & Jack Thorne
Cast: Jacob Tremblay, Julia Roberts, Owen Wilson, Izabela Vidovic, Mandy Patinkin
Genre: Drama


Diadaptasi dari novel karya R.J. Palacio, Wonder menjadi sebuah film yang menjadi kejutan di tangga box office Amerika Serikat sejak pertama kali rilis pada tanggal 17 Novermber 2017 lalu. Rilis berbarengan dengan Justice League, Wonder tanpa gentar menghasilkan 87 juta dolar di minggu ketiga penayangannya atau saat pertama kali tayang di Indonesia.

Berkisah tentang sosok August 'Auggie' Pullman (Jacob Tremblay), seorang anak kelas 5 SD yang merupakan seorang anak penderita kelainan genetik yang menyebabkan kerusakan jaringan di wajahnya sehingga dikhawatirkan akan mengalami bullying (perundungan) saat untuk pertama kalinya masuk ke sebuah sekolah umum. Isabel (Julia Roberts) dan Nate (Owen Wilson), orangtua Auggiesangat cemas melalui peristiwa tersebut. Kekhawatiran yang tidak tanpa alasan, mengingat selam…

SUNDUL GAN: THE STORY OF KASKUS (2016)

Dir: Naya Anindita
Cast: Dion Wiyoko, Albert Halim, Pamela Bowie, Melissa Karim, Baim Wong, Ronny P. Tjandra
Genre: Drama, Biografi






Sebagai salah satu Kaskuser yang mendapatkan banyak manfaat dari forum ini sebenarnya bisa jadi bias sih ulasan ini. Tapi sebisa mungkin saya objektif melihat dari sisi sinematis dan mengabaikan status sebagai salah satu kaskuser pengagum Mimin.
Film ini dibuka dengan perkenalan kedua karakter utama kita, Andrew Darwis (Albert Halim), sang Mimin (istilah admin pendiri Kaskus), seorang jenius pendiri dari Kaskus, sebuah forum internet terbesar di Indonesia dan Ken Dean Lawadinata (Dion Wiyoko), sang sepupu yang sangat bersemangat di saat mereka berdua sedang kuliah di Seattle, Amerika Serikat. Dimulai dengan dinamis dan penuh warna serta banyak menggunakan grafis yang cukup keren namun sayang awal film ini tampil berantakan dalam penyajiannya. Sesi introduksi karakter utama di 15 menit awal ini berjalan kurang mulus. Dari apa yang nampak di layar, seperti …