MY STUPID BOSS (2016)

Dir: Upi Avianto
Cast : Reza Rahadian, Bunga Citra Lestari, Alex Abbad, Kinwah Chew, Iskandar Zulkarnain, Atikah Suhaime, Bront Palarae
Genre: Comedy




Diangkat dari buah tulisan Chaos@Work sebagai seorang keturunan tionghoa yang bekerja di bawah atasan atau boss yang luar biasa merepotkan, film My Stupid Boss ini lahir di bawah kendali sutradara berpengalaman Upi (30 Hari Mencari Cinta, Realita, Cinta & Rock n Roll, Serigala Terakhir, Belenggu), Dengan membawa 2 bintang utama dari film indonesia terlaris nomer 2 sepanjang masa, Habibie Ainun, yaitu duet Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari (BCL).

Melalui promosi trailer yang gencar menampilkan karakter Reza yang dipermak sedemikian rupa menjadi seorang pria gemuk, berwajah tengil dan berkarakter bossy namun bodoh, kita sudah menebak bahwa Reza akan bermain luar biasa di sini. Setelah sebelumnya bermain di film komedi, Finding Srimulat, walau tak banyak berakting lucu, di sini Reza menunjukkan kapasitasnya sebagai aktor multi talenta dan aktor watak Indonesia nomer wahid saat ini.

Film dibuka dengan proses wawancara "unik bin aneh" yang dilalui oleh Diana (BCL) sebagai kepala administrasi di perusahaan asal Malaysia yang dipimpin oleh Bossman (Reza Rahadian). Diana menyadari bahwa dunia kerjanya akan menghadapi berbagai masalah setelah mengenal atasannya yang luar biasa mengesalkan. Benar saja, sepanjang film kita melihat berbagai tingkah laku mengesalkan Bossman yang membuat kesal para karyawannya, terutama Diana.



Sebagai sebuah film komedi yang menekankan tokoh karakter sebagai judulnya, film ini sangat sukses mengeksploitasi sang "Stupid Boss". Berbagai kelucuan, polah ajaib, kekikiran, serta berbagai sikap Bossman sukses membuat saya takjub sekaligus geleng-geleng kepala keheranan "kok ada ya orang seperti itu?". Ini merupakan kunci keberhasilan film ini.

Didukung penampilan penuh rasa gemas BCL, gaya nyeleneh & cuek Alex Abbad serta penampilan meyakinkan dari 4 supporting actors asal Malaysia yang tampil apik sebagai anak buah Bossman dan rekan kerja Diana, film ini semakin lengkap dan mengkilap dari segi akting. Desain produksi film ini pun sangat baik, dengan tone warna yang paduan klasik dengan dominan coklat serta musik latar melayu menambah nilai film ini.


Sedikit kekurangan adalah di menjelang akhir film saat skenario berusaha mengubah karakter Bossman ke sisi yang berbeda. Terlihat dipaksa sebagai sebuah alasan bagi Diana bersikap lunak, dan setelah itu pun film bergerak ke arah penutup yang nanggung sehingga meninggalkan kesan "kok gitu saja'. Bukan sebuah kekurangan yang fatal, karena sebelum kita sampai poin tersebut kita sudah dipuaskan oleh berbagai polah Bossman dan rasa gemas Diana serta anak buah Bossman yang sedemikian kesalnya menghadapi Boss yang benar-benar stupid.

Singkat kata, film ini adalah sebuah komedi ringan yang menghibur, dengan teknik produksi nomer wahid dan akting kelas satu dari seorang maestro akting Indonesia, Reza Rahadian.

Rate: 3,5 out of 5 stars

Komentar

  1. good for you, the film deserves much love :)

    BalasHapus
  2. Artikel tentang film ini juga ada di zipdip.tk :)
    Jangan lupa berkunjung ke sana ya... :)

    BalasHapus
  3. Thanks abang reviewnya, gw jadi makin pengen nonton ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nonton lah, Cha.. seru lho.. jadi inget bos MCU hahahahaha

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RIDE ON (2023) – PENGHORMATAN JACKIE CHAN PADA PARA STUNT-MAN

GUY RITCHIE’S THE COVENANT (2023) – DI TENGAH KECAMUK PERANG, KAWAN JADI SAUDARA

GITA CINTA DARI SMA (2023) – ADAPTASI PROGRESIF DARI ROMAN REMAJA TERHALANG RESTU