THE WITCH (2016)

Dir. Robert Eggers
Genre: Horror, Mystery, Drama

Film ini menghebohkan saat rilis di Amerika Serikat karena mengangkat kisah folktale berlatar Amerika di tahun 1630-an dimana kisah seputar nenek sihir atau witch menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat Amerika di masa itu. Kisah nenek sihir yang beredar di masyarakat kala itu adalah sosok mengerikan yang jahat dan memperoleh kekuatan dari setan untuk mengutuk bahkan bisa membunuh manusia.

Dimulai dari kejadian pengadilan masyarakat untuk sebuah keluarga dengan William (Ralph Ineson) sebagai kepala keluarga yang harus menghadapi pengasingan akibat fanatisme agama dirinya yang meresahkan masyarakat. William yang terusir membawa serta keluarganya (seorang istri dengan 5 anak) untuk memulai hidup menjauh dari penduduk yang menghendakinya keluar dari kota.

Di rumah pengasingan di tengah hutan itu lah semua misteri dimulai, Tepatnya saat Samuel, anaknya yang masih bayi mendadak hilang di tengah pengawasan Thomasin (Anya Taylor-Joy), si perempuan sulung yang selanjutnya disalahkan sebagai pihak yang lalai menjaga adik-adiknya. Kejadian-kejadian aneh terus terjadi dan Thomasin makin tersudut hingga dituduh sebagai seorang witch oleh ibu dan ayahnya sendiri. 



Sebagai sebuah film horor, film ini mempunyai atmosfer yang berbeda karena mengangkat latar cerita orang amerika pedesaan yang masih kuno dengan penggunaan bahasa yang masih menggunakan bahasa inggris asli, atau inggris sastra ala shakespeare (entahlah.. hehe). Musik dan scoring yang digunakan juga efektif membangun efek seram selain tone warna dark blue yang asyik cocok buat film horor ini. Tetapi kekuatan utama di film ini adalah kekuatan cerita yang membangun semacam kisah awal mula atau origins story.



Film horor ini menurut saya bukan untuk semua orang, penggemar film horor pun mungkin bisa tidak menyukai film ini. Kalo saya sih suka banget. Konflik keluarganya bikin gemas, peningkatan karakter si Thomasin dan Caleb adiknya juga oke, serta misteri yang terbangun sepanjang film juga bikin penasaran akan dibawa ke mana film ini nantinya. Satu hal lagi saya merasa ada semacam simbolisme yang berusaha ditampilkan di dalam film ini berkaitan dengan sesuatu, entahlah saya nampaknya perlu nonton sekali lagi.

Rate: 4 out of 5 stars

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Flight 7500

MISTERI DILAILA V2 (2019) - THRILLER HOROR DENGAN TATA PRODUKSI APIK

SUNDUL GAN: THE STORY OF KASKUS (2016)