Langsung ke konten utama

THE WITCH (2016)

Dir. Robert Eggers
Genre: Horror, Mystery, Drama

Film ini menghebohkan saat rilis di Amerika Serikat karena mengangkat kisah folktale berlatar Amerika di tahun 1630-an dimana kisah seputar nenek sihir atau witch menjadi momok yang menakutkan bagi masyarakat Amerika di masa itu. Kisah nenek sihir yang beredar di masyarakat kala itu adalah sosok mengerikan yang jahat dan memperoleh kekuatan dari setan untuk mengutuk bahkan bisa membunuh manusia.

Dimulai dari kejadian pengadilan masyarakat untuk sebuah keluarga dengan William (Ralph Ineson) sebagai kepala keluarga yang harus menghadapi pengasingan akibat fanatisme agama dirinya yang meresahkan masyarakat. William yang terusir membawa serta keluarganya (seorang istri dengan 5 anak) untuk memulai hidup menjauh dari penduduk yang menghendakinya keluar dari kota.

Di rumah pengasingan di tengah hutan itu lah semua misteri dimulai, Tepatnya saat Samuel, anaknya yang masih bayi mendadak hilang di tengah pengawasan Thomasin (Anya Taylor-Joy), si perempuan sulung yang selanjutnya disalahkan sebagai pihak yang lalai menjaga adik-adiknya. Kejadian-kejadian aneh terus terjadi dan Thomasin makin tersudut hingga dituduh sebagai seorang witch oleh ibu dan ayahnya sendiri. 



Sebagai sebuah film horor, film ini mempunyai atmosfer yang berbeda karena mengangkat latar cerita orang amerika pedesaan yang masih kuno dengan penggunaan bahasa yang masih menggunakan bahasa inggris asli, atau inggris sastra ala shakespeare (entahlah.. hehe). Musik dan scoring yang digunakan juga efektif membangun efek seram selain tone warna dark blue yang asyik cocok buat film horor ini. Tetapi kekuatan utama di film ini adalah kekuatan cerita yang membangun semacam kisah awal mula atau origins story.



Film horor ini menurut saya bukan untuk semua orang, penggemar film horor pun mungkin bisa tidak menyukai film ini. Kalo saya sih suka banget. Konflik keluarganya bikin gemas, peningkatan karakter si Thomasin dan Caleb adiknya juga oke, serta misteri yang terbangun sepanjang film juga bikin penasaran akan dibawa ke mana film ini nantinya. Satu hal lagi saya merasa ada semacam simbolisme yang berusaha ditampilkan di dalam film ini berkaitan dengan sesuatu, entahlah saya nampaknya perlu nonton sekali lagi.

Rate: 4 out of 5 stars

Komentar

Postingan populer dari blog ini

A: AKU, BENCI & CINTA (2017)

Dir: Rizki Balki
Scriptwriter: Alim Sudio
Cast: Jefri Nichol, Indah Permatasari, Brandon Salim, Syifa Hadju, TJ, Amanda Rawles Genre: Teen Romance Comedy, Drama



Tahun 2017 ini merupakan kebangkitan film indonesia di genre romance.. setelah Dear Nathan dan Sweet 20 yang mampu tampil bagus dan memikat penonton, kini ada A: Aku, Benci & Cinta (selanjutnya disebut fim ABC) yang juga tampil baik.
Memakai formula film-film komedi romantis ala thailand, yang banyak menyisipi komedi yang absurd nan kocak dalam tiap film romantisnya. Film ABC ini berhasil memadukan formula tersebut. Alkisah, 3 sahabat Alvaro (Jefri Nnichol), Alex (Brandon Salim) dan Athala (Amanda Rawles) yang tengah menghadapi persoalan cinta segitiga mengalami musibah saat Athala mengalami kecelakaan dan koma selama setahun lebih. Alex dan Alvaro bergantian menjaga Athala setiap hari di rumah sakit.


Sementara di sekolah, Alvaro yang seorang ketua osis dan playboy di sekolah selalu terlibat konflik dengan Anggia (Indah Perma…

WONDER (2017)

Dir: Stephen Chbosky
Screenplay: Stephen Chbosky, Steve Conrad & Jack Thorne
Cast: Jacob Tremblay, Julia Roberts, Owen Wilson, Izabela Vidovic, Mandy Patinkin
Genre: Drama


Diadaptasi dari novel karya R.J. Palacio, Wonder menjadi sebuah film yang menjadi kejutan di tangga box office Amerika Serikat sejak pertama kali rilis pada tanggal 17 Novermber 2017 lalu. Rilis berbarengan dengan Justice League, Wonder tanpa gentar menghasilkan 87 juta dolar di minggu ketiga penayangannya atau saat pertama kali tayang di Indonesia.

Berkisah tentang sosok August 'Auggie' Pullman (Jacob Tremblay), seorang anak kelas 5 SD yang merupakan seorang anak penderita kelainan genetik yang menyebabkan kerusakan jaringan di wajahnya sehingga dikhawatirkan akan mengalami bullying (perundungan) saat untuk pertama kalinya masuk ke sebuah sekolah umum. Isabel (Julia Roberts) dan Nate (Owen Wilson), orangtua Auggiesangat cemas melalui peristiwa tersebut. Kekhawatiran yang tidak tanpa alasan, mengingat selam…

THE BIG SICK (2017)

Dir: Michael Showalter
Screenplay: Emily V. Gordon, Kumail Nanjiani
Cast: Kumail Nanjiani, Zoe Kazan, Holly Hunter, Ray Romano
Genre: Drama, Comedy, Romance

Kumail Nanjiani yang kini mempunyai nama besar di Hollywood lewat serial Silicon Valley ternyata mempunyai kisah cinta yang luar biasa heart warming. Film ini berdasarkan kehidupan Kumail dengan Emily, dimulai saat pertama kali mereka bertemu sampai kepada the titular event, The Big Sick.

Sebagai seorang stand up komedian yang tengah mencoba menapak karir di kota Chicago sambil nyambi sebagai supir uber, Kumail menghadapi cobaan berat manakala keluarganya yang muslim taat dan amat menghormati tradisi Pakistan terus menjodohkannya dengan gadis-gadis Pakistan.   Semua perjodohan dijalani Kumail sambil berpura-pura menjadi muslim yang taat dan warga Pakistan yang menjalankan tradisi. 


Sampai pada suatu saat Emily datang ke show Kumail. Mereka bertemu dan saling jatuh cinta dan Hidup Kumail tak sama lagi. Apalagi belakangan Emily jatuh …