WARCRAFT: THE BEGINNING (2016)

Dir: Duncan Jones
Cast: Travis Fimmel, Ben Schnetzer, Dominic Cooper, Paula Patton, Ruth Negga, Ben Foster
Genre: Fantasy, Action, Adventure






Duncan Jones (Moon, Source Code), sutradara muda anak seniman nyentrik David Bowie ini memang bukan sutradara produktif yang rajin bikin film setiap tahun. Akan tetapi setiap film karyanya sebelum Warcraft ini seakan menjadi jaminan mutu untuk film yang diangkat dari video game ini. Sebelum Warcraft, telah banyak film yang diangkat dari video game populer, dari mulai Mario Bros sampai yang seri Resident Evil yang rata-rata tampil mengecewakan kalau tidak mau dibilang standar. Beberapa bahkan di cap sebagai film yang buruk (Max Payne, Alone in the Dark, Doom). 


Mengangkat kisah di Azeroth, dunia dimana manusia hidup damai dengan berbagai kerajaan dan makhluk lain. Kedamaian tersebut diusik oleh munculnya makhluk Orc yang hadir ke Azeroth melalui sebuah gerbang semacam black hole yang terbuka akibat sebuah kekuatan supranatural yang dimiliki Orc bernama Gul'Dan (Daniel Wu). Terbukanya gerbang ini dirasakan seorang penyihir muda bernama Khadgar (Ben Schnetzer) yang menginformasikannya kepada Komandan Perang kerajaan Stormwind, Anduin Lothar (Travis Fimmel).

Usai melaporkan bahaya terbukanya gerbang ke Raja Llane (Dominic Cooper), misi menjaga perdamaian dunia pun dimulai dengan bantuan Sang penyihir penjaga, Medivh (Ben Foster). Dalam misi tersebut manusia akhirnya bertemu dengan Orc, sosok monster berbadan besar dan mempunyai niat menjadikan Azeroth sebagai koloni mereka. Manusia, dengan pimpinan Raja Llane pun menyatakan perang melawan Orc dengan bantuan beberapa Orc yang membelot, diantaranya Durotan (Toby Kebbell) dan Garona (Paula Patton). 


Sebagai sebuah film adaptasi video game cerita film ini berjalan seperti fantasy pada umumnya. Tidak hanya dibuat untuk fans video gamenya saja. Semua kalangan dapat menikmati film ini tanpa harus memainkan gamenya. Dengan mengambil unsur-unsur fantasi dari Lord of The Rings, Chronicles of Narnia sampai King Arthur plus dengan intrik-intrik pengkhianatan ala Game of Thrones (termasuk keberanian mematikan karakter penting), menjadikan Warcraft sukses memikat penonton dengan jalinan cerita yang tidak rumit dan berjalan cepat dan padat walau berdurasi 122 menit.

Secara teknis keunggulan film ini hampir unggul di semua sisi. Sinematografi menawan, Motion Capture yang rapi dan terlihat blend in dengan karakter manusia, make up dan kostum yang otentik serta koreografi pertarungan yang mirip dengan game aslinya. Kesetiaan film ini pada sumber adaptasinya patut diacungi jempol.



Meskipun memiliki akhir film yang menyisakan konflik yang nampaknya akan seru di film sekuelnya akan tetapi klimaks film ini sangat baik, walaupun pertarungan terakhir agak kurang memuaskan. Sungguh sebuah film epik fantasi yang luar biasa keren dan sangat dinantikan untuk lanjutan kisahnya. Dan semoga tetap diarahkan oleh Duncan Jones.

Rate : 4,5 out of 5 Stars

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GITA CINTA DARI SMA (2023) – ADAPTASI PROGRESIF DARI ROMAN REMAJA TERHALANG RESTU

JOY RIDE (2023) – PETUALANGAN SERU, KOCAK & LIAR 4 CEWEK ASIA

BEAUTIFUL DISASTER - FILM ROMAN DEWASA YANG RENYAH & MENGHANYUTKAN