Langsung ke konten utama

RUDY HABIBIE (2016)

Dir: Hanung Bramantyo
Cast: Reza Rahadian, Ernest Prakasa, Chelsea Elizabeth Islan, Indah Permatasari, Dian Nitami, Donny Damara, Pandji, Boris Bokir
Genre: Drama
Prod: MD Pictures






Mengangkat kisah Bapak Habibie, sosok presiden ke-3 Indonesia nampaknya menjadi jaminan box office setelah film pertamanya, Habibie & Ainun yang sukses besar meraih 3,7 juta penonton. Dengan tim produksi yang kurang lebih sama, dengan komando dari Hanung Bramantyo sebagai sutradara, setelah di Habibie & Ainun berperan sebagai produser dan supervisi produksi nampaknya Rudy Habibie ini diharapkan akan mampu memperoleh sukses yang sama.

Kisahnya sudah tidak berkutat diseputar percintaan dengan Ainun lagi, bahkan secara garis besar tidak berfokus di kisah asmara. Kali ini studi dan pengalaman berorganisasi Habibie selama kuliah di Aachen, Jerman. Bermula dari pertemuannya dengan rekan lamanya di ITB, Keng Kie (Ernest Prakasa) yang membawanya untuk berkenalan dengan para mahasiswa Indonesia lain seperti Poltak (Boris Bokir), Peter (Pandji) dan Ayu (Indah Permatasari). Mereka kemudian tergabung dalam wadah organisasi PPI, Perkumpulan Pelajar Indonesia di Jerman. Kisruh di organisasi PPI, hubungan asmara Rudy dengan mahasiswa Polandia, Ilona (Chelse Elizabeth Islan) serta beberapa sempalan masa kecil Rudy mewarnai film ini. 




Dengan durasi yang lebih dari 2 jam, film ini tidak terasa tumpang tindih dalam bercerita. Semua mengalir enak dengan transisi yang baik dalam adegan flashback maupun perbedaan lokasi Indonesia-Jerman. Namun film ini tidak mampu terhindar dari kesan panjang dan banyaknya poin yang mau diceritakan. Dari mulai politik organisasi, pekerjaan magang Rudy di Jerman, kehidupan sulit keluarga di Indonesia, wejangan-wejangan sang ayah sampai kehidupan asmara. Rasa cemburu Ayu terhadap hubungan Rudy dengan Ilona bahkan jadi kurang tergali dalam, kendati mampu disampaikan secara emosi oleh Indah Permatasari, sang pemeran Ayu. Ia tampil sangat baik di sini.

Kehandalan Hanung Bramantyo dalam mengarahkan film yang bisa dibilang sidestories dari Habibie & Ainun ini sangat terasa dengan berbagai elemen komedi yang dihadirkan di separuh pertama film. Dipadu dengan editing lincah dan dialog-dialog yang seakan diucapkan tanpa jeda menjadikan separuh pertama film ini sangat superior. Sedangkan separuh kedua tampak kehabisan amunisi. Memang alur cerita jadi lebih kompleks, namun perubahan drastis dari tempo ini sedikit banyak menguras tenaga, baik dari filmnya maupun penontonnya yang makin kelelahan.

Walau begitu, konklusi hubungan Rudy dan Ilona di stasiun kereta mampu menutupinya dengan baik. Sangat mengharukan dan sangat filmis. Sinematis sekali melihat bagaimana Ilona dan Rudy menutup akhir kisah mereka. 



Singkatnya, Rudy Habibie adalah film yang cukup baik, menghibur total di separuh pertama, agak terlihat melelahkan di separuh kedua, namun ditutup dengan manis dan mengharukan.

Rate: 3 outta 5 stars

Komentar

Postingan populer dari blog ini

A: AKU, BENCI & CINTA (2017)

Dir: Rizki Balki
Scriptwriter: Alim Sudio
Cast: Jefri Nichol, Indah Permatasari, Brandon Salim, Syifa Hadju, TJ, Amanda Rawles Genre: Teen Romance Comedy, Drama



Tahun 2017 ini merupakan kebangkitan film indonesia di genre romance.. setelah Dear Nathan dan Sweet 20 yang mampu tampil bagus dan memikat penonton, kini ada A: Aku, Benci & Cinta (selanjutnya disebut fim ABC) yang juga tampil baik.
Memakai formula film-film komedi romantis ala thailand, yang banyak menyisipi komedi yang absurd nan kocak dalam tiap film romantisnya. Film ABC ini berhasil memadukan formula tersebut. Alkisah, 3 sahabat Alvaro (Jefri Nnichol), Alex (Brandon Salim) dan Athala (Amanda Rawles) yang tengah menghadapi persoalan cinta segitiga mengalami musibah saat Athala mengalami kecelakaan dan koma selama setahun lebih. Alex dan Alvaro bergantian menjaga Athala setiap hari di rumah sakit.


Sementara di sekolah, Alvaro yang seorang ketua osis dan playboy di sekolah selalu terlibat konflik dengan Anggia (Indah Perma…

WONDER (2017)

Dir: Stephen Chbosky
Screenplay: Stephen Chbosky, Steve Conrad & Jack Thorne
Cast: Jacob Tremblay, Julia Roberts, Owen Wilson, Izabela Vidovic, Mandy Patinkin
Genre: Drama


Diadaptasi dari novel karya R.J. Palacio, Wonder menjadi sebuah film yang menjadi kejutan di tangga box office Amerika Serikat sejak pertama kali rilis pada tanggal 17 Novermber 2017 lalu. Rilis berbarengan dengan Justice League, Wonder tanpa gentar menghasilkan 87 juta dolar di minggu ketiga penayangannya atau saat pertama kali tayang di Indonesia.

Berkisah tentang sosok August 'Auggie' Pullman (Jacob Tremblay), seorang anak kelas 5 SD yang merupakan seorang anak penderita kelainan genetik yang menyebabkan kerusakan jaringan di wajahnya sehingga dikhawatirkan akan mengalami bullying (perundungan) saat untuk pertama kalinya masuk ke sebuah sekolah umum. Isabel (Julia Roberts) dan Nate (Owen Wilson), orangtua Auggiesangat cemas melalui peristiwa tersebut. Kekhawatiran yang tidak tanpa alasan, mengingat selam…

THE BIG SICK (2017)

Dir: Michael Showalter
Screenplay: Emily V. Gordon, Kumail Nanjiani
Cast: Kumail Nanjiani, Zoe Kazan, Holly Hunter, Ray Romano
Genre: Drama, Comedy, Romance

Kumail Nanjiani yang kini mempunyai nama besar di Hollywood lewat serial Silicon Valley ternyata mempunyai kisah cinta yang luar biasa heart warming. Film ini berdasarkan kehidupan Kumail dengan Emily, dimulai saat pertama kali mereka bertemu sampai kepada the titular event, The Big Sick.

Sebagai seorang stand up komedian yang tengah mencoba menapak karir di kota Chicago sambil nyambi sebagai supir uber, Kumail menghadapi cobaan berat manakala keluarganya yang muslim taat dan amat menghormati tradisi Pakistan terus menjodohkannya dengan gadis-gadis Pakistan.   Semua perjodohan dijalani Kumail sambil berpura-pura menjadi muslim yang taat dan warga Pakistan yang menjalankan tradisi. 


Sampai pada suatu saat Emily datang ke show Kumail. Mereka bertemu dan saling jatuh cinta dan Hidup Kumail tak sama lagi. Apalagi belakangan Emily jatuh …