Langsung ke konten utama

FANTASTIC BEASTS AND WHERE TO FIND THEM (2016)

Dir: David Yates
Cast: Eddie Redmayne, Katherine Waterston, Collin Farrell, Dan Fogler
Genre: Fantasy Adventure



Di awal terdengarnya berita kalo saga Harry Potter mau dibikin film spin off-nya berdasarkan buku berjudul sama buah karya JK Rowling juga itu saya bersikap skeptis, lalu berprasangka buruk kalo Warner Bros dan filmmakernya hanya ingin mengeruk uang saja.

Tapi ternyata diluar dugaan skrip yang dibuat oleh JK Rowling sendiri dan yang secara garis besar ceritanya dibuat khusus untuk film ini (karena bukunya hanya berupa ensiklopedi) memiliki kedalaman cerita luar biasa. Banyak yang bisa digali dan dikaitkan dengan kisah Harry Potter yang berlangsung bertahun-tahun setelahnya. 

Newt Scamander (Eddie Redmayne) berkelana ke new york demi suatu misi, namun kekacauan yang diakibatkan oleh makhluk2 aneh di dalam kopernya malah membuatnnya berurusan dengan masalah pelik kontra Kementrian Sihir USA. Dengan bantuan penyihir mantan auror Tina Goldstein (Katherine Waterston) dan seorang muggle in the wrong time and the wrong place, Jacob Kowalski (Dan Fogler), Newt berusaha menyelesaikan misinya sekaligus lepas dari kejaran Sementrian Sihir dengan Percival Graves (Collin Farrel) sebagai pemburunya.

Namun pelarian Newt dkk tersebut bersinggungan dengan munculnya satu makhluk misterius yang mengancam eksistensi dan persembunyian dunia sihir dari dunia manusia. Sebuah sinyal bahaya bagi dunia sihir di seluruh dunia.


Secara tampilan dan daya magis, kita sebagai penonton pasti sudah terbiasa dengan 8 film seri harry potter. Jadi kita sudah menganggap biasa dengan kehebatan dan keanehan dari berbagai pemandangan di dunia sihir. Kemegahan Hogwarts serta kelamnya lokasi2 di dunia saga Harry Potter juga tidak bisa disamai oleh film ini.

Sebagai gantinya kisah awal saga Newt ini dibuat tanpa basa basi, tanpa memakai adegan perkenalan macam-macam, selain dari perkenalan satu persatu makhluk unik, lucu dan imajinatif yang ditampilkan. Dengan disokong cerita yang agak kelam dan sedikit dewasa serta twist ending menohok, film ini tampil hebat.


Secara teknis CGI beberapa makhluk agak kurang halus, namun akting pemainnya sangat-sangat baik. Eddie Redmayne dengan gestur kikuknya patut mendapat aplaus, Ezra Miller juga sangat baik dengan akting depresifnya, namun Dan Fogler jadi scene stealer film ini. Sebagai tokoh muggle, ia bisa membawakan perannya tanpa cela, sukses memancing tawa dan greget. Jon Voight yang sedikit underused di sini, mungkin di sekuelnya akan lebih banyak berperan.

David Yates pantas mendapat kredit lebih, dan dengan berita dirinya dikontrak 5 film seri Fantastic Beasts semoga beliau tidak bosan dan tidak membuat satupun seri yang medioker. Untuk apa belaiau kemaren bikin film Tarzan ya..? Lebih baik waktunya nanti diselingi oleh film drama atau komedi. Supaya fresh terus penggarapan 4 seri Fantastic Beasts berikutnya.

My Rate: 4,5/5

Komentar

Postingan populer dari blog ini

A: AKU, BENCI & CINTA (2017)

Dir: Rizki Balki
Scriptwriter: Alim Sudio
Cast: Jefri Nichol, Indah Permatasari, Brandon Salim, Syifa Hadju, TJ, Amanda Rawles Genre: Teen Romance Comedy, Drama



Tahun 2017 ini merupakan kebangkitan film indonesia di genre romance.. setelah Dear Nathan dan Sweet 20 yang mampu tampil bagus dan memikat penonton, kini ada A: Aku, Benci & Cinta (selanjutnya disebut fim ABC) yang juga tampil baik.
Memakai formula film-film komedi romantis ala thailand, yang banyak menyisipi komedi yang absurd nan kocak dalam tiap film romantisnya. Film ABC ini berhasil memadukan formula tersebut. Alkisah, 3 sahabat Alvaro (Jefri Nnichol), Alex (Brandon Salim) dan Athala (Amanda Rawles) yang tengah menghadapi persoalan cinta segitiga mengalami musibah saat Athala mengalami kecelakaan dan koma selama setahun lebih. Alex dan Alvaro bergantian menjaga Athala setiap hari di rumah sakit.


Sementara di sekolah, Alvaro yang seorang ketua osis dan playboy di sekolah selalu terlibat konflik dengan Anggia (Indah Perma…

WONDER (2017)

Dir: Stephen Chbosky
Screenplay: Stephen Chbosky, Steve Conrad & Jack Thorne
Cast: Jacob Tremblay, Julia Roberts, Owen Wilson, Izabela Vidovic, Mandy Patinkin
Genre: Drama


Diadaptasi dari novel karya R.J. Palacio, Wonder menjadi sebuah film yang menjadi kejutan di tangga box office Amerika Serikat sejak pertama kali rilis pada tanggal 17 Novermber 2017 lalu. Rilis berbarengan dengan Justice League, Wonder tanpa gentar menghasilkan 87 juta dolar di minggu ketiga penayangannya atau saat pertama kali tayang di Indonesia.

Berkisah tentang sosok August 'Auggie' Pullman (Jacob Tremblay), seorang anak kelas 5 SD yang merupakan seorang anak penderita kelainan genetik yang menyebabkan kerusakan jaringan di wajahnya sehingga dikhawatirkan akan mengalami bullying (perundungan) saat untuk pertama kalinya masuk ke sebuah sekolah umum. Isabel (Julia Roberts) dan Nate (Owen Wilson), orangtua Auggiesangat cemas melalui peristiwa tersebut. Kekhawatiran yang tidak tanpa alasan, mengingat selam…

SUNDUL GAN: THE STORY OF KASKUS (2016)

Dir: Naya Anindita
Cast: Dion Wiyoko, Albert Halim, Pamela Bowie, Melissa Karim, Baim Wong, Ronny P. Tjandra
Genre: Drama, Biografi






Sebagai salah satu Kaskuser yang mendapatkan banyak manfaat dari forum ini sebenarnya bisa jadi bias sih ulasan ini. Tapi sebisa mungkin saya objektif melihat dari sisi sinematis dan mengabaikan status sebagai salah satu kaskuser pengagum Mimin.
Film ini dibuka dengan perkenalan kedua karakter utama kita, Andrew Darwis (Albert Halim), sang Mimin (istilah admin pendiri Kaskus), seorang jenius pendiri dari Kaskus, sebuah forum internet terbesar di Indonesia dan Ken Dean Lawadinata (Dion Wiyoko), sang sepupu yang sangat bersemangat di saat mereka berdua sedang kuliah di Seattle, Amerika Serikat. Dimulai dengan dinamis dan penuh warna serta banyak menggunakan grafis yang cukup keren namun sayang awal film ini tampil berantakan dalam penyajiannya. Sesi introduksi karakter utama di 15 menit awal ini berjalan kurang mulus. Dari apa yang nampak di layar, seperti …