OUIJA: ORIGIN OF EVIL (2016)

Dir. Mike Flanagan
Cast. Elisabeth Reaser, Annalise Basso, Lulu Wilson, Henry Thomas
Genre. Horror


Nama Mike Flanagan memang masih merintis nama besar di ranah perfilman Hollywood. Dengan berbagai film karyanya seperti Absentia, Oculus, Before I Wake, Hush dan yang terbaru Ouija: Origin of Evil semakin menahbiskan dirinya sebagai Sutradara handal di genre film Horor.

Ouija: Origin of Evil merupakan kisah awal, atau prekuel dari film Ouija (2014) yang banyak mendapatkan ulasan negatif dan kritik baik dari para kritikus maupun penontonnya. Tidak seram dan memiliki plot yang buruk rata-rata menjadi alasan utamanya buruknya film Ouija yang pertama. Turunnya Flanagan sebagai sutradara sukses memperbaiki franchise yang diangkat dari board game asli Amerika milik dari perusahaan mainan besar, Hasbro.


Bersetting tahun 1965, kisah berpusat pada keluarga Zander dengan Alice (Elisabeth Reaser), seorang single parent dan 2 anaknya, Lina (Annalise Basso) dan Doris (Lulu Wilson). Sang Ayah sudah meninggal beberapa waktu sebelumnya dan membuat Alice terpaksa harus bekerja sebagai "paranormal gadungan" dengan menggunakan media Ouija. Semua demi menutupi kesulitan keuangan mereka.

Di luar dugaan, Doris ternyata memiliki "bakat" dan diam-diam berhubungan dengan dunia lain dan berteman dengan salah satu "penghuni" di rumah mereka. Berbagai keanehan pun bermunculan sepanjang film setelah interaksi Doris dengan makhluk halus. Menyadari kemampuan Doris sebagai medium membuat Alice memanfaatkan Doris untuk menggantikan dirinya menjadi paranormal. Di luar dugaan hal tersebut malah membahayakan keselamatan Doris dan keluarga Zander.





Selain kepiawaiannya dalam menggarap kisah seram, Flanagan mempunyai ciri khas lainnya, yaitu kisah tragedi di dalam keluarga seperti yang ia lakukan di film Absentia, Oculus dan Before I Wake. Di sini ia kembali mengangkat tragedi keluarga yang kehilangan kepala keluarganya dan bagaimana anak-anaknya berusaha tegar dan sang ibu yang berjuang mencari uang. Seperti film-film tersebut, Flanagan kembali sukses dan bisa dikatakan menyelamatkan franchise ini ke arah yang lebih baik. 

Dengan kualitas penceritaan yang baik, detail produksi apik, kadar keseraman yang lebih dari cukup dan sebagian besar mengikuti pola franchise horor fenomenal, The Conjuring dan Insidious, film Ouija: Origin of Evil tampil kuat bercerita, seram dan memiliki akhir cerita yang memuaskan. Kendati karakter-karakter dewasanya tidak likable untuk penonton support, setidaknya kemampuan akting Annalise Basso dan Lulu Wilson sebagai kedua anak Alice mampu menutupi kelemahan itu. Terutama Lulu Wilson yang penampilannya sangat luar biasa.

Sebuah horor yang bagus dan seram. Tidak heran jika muncul seri ketigana nanti. 

My Rate:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Flight 7500

MISTERI DILAILA V2 (2019) - THRILLER HOROR DENGAN TATA PRODUKSI APIK

SUNDUL GAN: THE STORY OF KASKUS (2016)