KIMI NO NA WA (2016)

Dir: Makoto Shinkai
Cast: Ryunosuke Kamiki, Mone Kamishiraishi, Aoi Yuki, Ryo Narita
Genre: Animation, Romance, Fantasy


Meneruskan tradisi animasi tradisional khas Jepang dengan tanpa menggunakan CGI, sutradara Makoto Shinkai (5 Centimeters per Second) kembali menghasilkan mahakaryanya. Film berjudul Your Name yang baru saja rilis di China dan memecahkan rekor menghasilkan US$ 41 Juta di minggu debutnya ini menegaskan hegemoni dan kekuatan Jepang dalam menghasilkan karya animasi yang mendunia dan berkualitas.

Dibuka dengan keterkejutan seorang pemuda modern asal Tokyo bernama Taki (Ryunosuke Kamiki), yang terbangun di dalam tubuh seorang gadis SMA bernama Mitsuha (Mone Kamishiraishi) di sebuah desa kecil di Itomori. Begitu pun sebaliknya, Mitsuha juga hidup di dalam tubuh Taki. Keduanya yang keheranan dengan fenomena yang berbarengan dengan akan melintasnya komet di atas langit Jepang berusaha keras untuk menjalani hari demi hari yang acak demi beradaptasi dengan "tubuh baru" masing-masing dan bertukar informasi melalui diary di dalam handphone mereka. 



Taki yang sedang naksir supervisor tempatnya bekerja dibantu oleh Mitsuha untuk mendekatinya, sementara Mitsuha yang menghadapi persoalan di posisinya sebagai anak walikota dan dimusuhi teman-teman sekolahnya dibantu oleh Taki. Keduanya saling membantu menyelesaikan persoalan masing-masing dan perlahan tumbuh rasa simpati di antara mereka. Lalu apa korelasi komet yang melintas jepang setiap 1200 tahun sekali dengan kejadian yang menimpa mereka?

Semuanya terjawab dalam film berdurasi 106 menit ini. Rasa kagum akan keindahan gambar, galau akan drama, gemas akan hubungan Taki dan Mitsuha, serta penasaran akan akhir kisah mereka sukses mewarnai perasaan penonton selama menyaksikan Kimi No Na Wa ini.


Selain keindahan gambar, sisi musik latar dan musik soundtrack yang mengiringi sepanjang film juga sangat membantu berbagai adegan dramatis yang hadir. Lagu-lagunya enak dan bikin baper. Tidak ada sedikitpun kekurangan dari film ini selain dari beberapa tradisi Jepang yang memang kurang familiar bagi penonton di luar Jepang. Bagi saya film ini adalah film animasi dalam level tertinggi. Tertinggi dari sisi nilai hiburan dan nilai seni. 

My Rate: 5 outta 5 Stars

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GITA CINTA DARI SMA (2023) – ADAPTASI PROGRESIF DARI ROMAN REMAJA TERHALANG RESTU

JOY RIDE (2023) – PETUALANGAN SERU, KOCAK & LIAR 4 CEWEK ASIA

BEAUTIFUL DISASTER - FILM ROMAN DEWASA YANG RENYAH & MENGHANYUTKAN