Langsung ke konten utama

GALIH & RATNA (2017)

Dir: Lucky Kuswandi
Cast: Refal Hady, Sheryl Sheinafia, Marissa Anita, Ayu Diah Pasha, Hengky Tarnando
Genre: Drama Romance


Sebagai sebuah film romantis yang, film Galih & Ratna mampu menyampaikan sisi romantis pada cerita dengan baik dan manis. Tapi bukan hanya hal itu saja, memori-memori indah juga berhasil digali dari para penonton generasi 90-an yang menonton film ini.

Kaset pita yang sudah ditinggalkan di era digital dewasa ini diangkat kembali di sini dan dilambangkan sebagai karya kreatif yang dijadikan barang koleksi dan memiliki nilai sejarah. Relevansinya dengan era modern digambarkan pada ungkapan "Sampaikan kata-kata cinta lewat lagu". Ya, film ini sukses membawa saya ke memori masa-masa tersebut.


Selain kaset pita yang menjadi sumber kegalauan dari Galih (Refal Hady), masa depannya selepas SMA nanti juga menghantuinya di tengah kesulitan ekonomi keluarganya. Manakala cinta datang pada sosok Ratna (Sheryl Sheinafia) tidak serta merta membuatnya menjadi lebih mudah. Tapi bagi Galih, dengan Ratna di sisinya, setidaknya jadi lebih indah, walau tidak mudah.

Beberapa kali lompatan fase waktu yang terlalu cepat menjadi kekurangan film ini, selain juga hubungan asmara yang digambarkan amat singkat dari mulai awal pertama kali saling menatap sampai ke akhir film. Konflik terasa terlalu cepat muncul dan terlihat seperti kekurangan bumbu dan konflik di dalam penyelesaiannya. Dari sisi teknis adalah editing yang beberapa kali telat memindahkan shot gambar sehingga agak awkward dan ada beberapa stok gambar yang tidak balance dari sisi resolusi, sedikit patah-patah. 


Secara keseluruhan saya suka film ini. Lucky Kuswandi (Selamat Pagi Malam, Madame X, Ini Kisah Tiga Dara) makin matang dalam mengarahkan. Keindahan gambar dan beragam alunan simfoni yang enak didengar membuat cerita yang disampaikan terasa semakin manis. Walau ada kegetiran dalam konfliknya. Getir yang manis dengan simfoni indah. Bittersweet Symphony, begitu menurut lagu band The Verve.

My Rate: 4 out of 5 Stars 

PS: 
Film Galih & Ratna sukses bikin saya membongkar koleksi kaset yang dulu didengarkan di masa SMA sampai kuliah dan ternyata masih ada kaset Mixtape buat gebetan masa SMA yang gak pernah saya kasih dulu.. mixtapenya ada di paling bawah gambar ini.. sengaja di blur biar ga kebaca, malu... hahaha


Komentar

  1. Wow punya mixtape buat mantan gebetan. Saya dulu SMA gak tau apa2 tentang Mixtape, taunya kaset Kahitna doang punya kakak haha.

    Ini ulasan Galih & Ratna dari saya, boleh dikunjungi juga :D

    http://ulasanfilm21.com/galih-ratna-2017/

    BalasHapus
  2. Punya doongg.. zaman dulu lagu2nya aja ngerekam dari radio, jadi suka ada suara penyiarnya.. nunggu lagunya diputer deg-degan banget hahaha.. kahitna satu lagu ada di mixtape itu lho, yg Andai Ia Tahu.. cocok buat gebetan hihihi

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

A: AKU, BENCI & CINTA (2017)

Dir: Rizki Balki
Scriptwriter: Alim Sudio
Cast: Jefri Nichol, Indah Permatasari, Brandon Salim, Syifa Hadju, TJ, Amanda Rawles Genre: Teen Romance Comedy, Drama



Tahun 2017 ini merupakan kebangkitan film indonesia di genre romance.. setelah Dear Nathan dan Sweet 20 yang mampu tampil bagus dan memikat penonton, kini ada A: Aku, Benci & Cinta (selanjutnya disebut fim ABC) yang juga tampil baik.
Memakai formula film-film komedi romantis ala thailand, yang banyak menyisipi komedi yang absurd nan kocak dalam tiap film romantisnya. Film ABC ini berhasil memadukan formula tersebut. Alkisah, 3 sahabat Alvaro (Jefri Nnichol), Alex (Brandon Salim) dan Athala (Amanda Rawles) yang tengah menghadapi persoalan cinta segitiga mengalami musibah saat Athala mengalami kecelakaan dan koma selama setahun lebih. Alex dan Alvaro bergantian menjaga Athala setiap hari di rumah sakit.


Sementara di sekolah, Alvaro yang seorang ketua osis dan playboy di sekolah selalu terlibat konflik dengan Anggia (Indah Perma…

WONDER (2017)

Dir: Stephen Chbosky
Screenplay: Stephen Chbosky, Steve Conrad & Jack Thorne
Cast: Jacob Tremblay, Julia Roberts, Owen Wilson, Izabela Vidovic, Mandy Patinkin
Genre: Drama


Diadaptasi dari novel karya R.J. Palacio, Wonder menjadi sebuah film yang menjadi kejutan di tangga box office Amerika Serikat sejak pertama kali rilis pada tanggal 17 Novermber 2017 lalu. Rilis berbarengan dengan Justice League, Wonder tanpa gentar menghasilkan 87 juta dolar di minggu ketiga penayangannya atau saat pertama kali tayang di Indonesia.

Berkisah tentang sosok August 'Auggie' Pullman (Jacob Tremblay), seorang anak kelas 5 SD yang merupakan seorang anak penderita kelainan genetik yang menyebabkan kerusakan jaringan di wajahnya sehingga dikhawatirkan akan mengalami bullying (perundungan) saat untuk pertama kalinya masuk ke sebuah sekolah umum. Isabel (Julia Roberts) dan Nate (Owen Wilson), orangtua Auggiesangat cemas melalui peristiwa tersebut. Kekhawatiran yang tidak tanpa alasan, mengingat selam…

SUNDUL GAN: THE STORY OF KASKUS (2016)

Dir: Naya Anindita
Cast: Dion Wiyoko, Albert Halim, Pamela Bowie, Melissa Karim, Baim Wong, Ronny P. Tjandra
Genre: Drama, Biografi






Sebagai salah satu Kaskuser yang mendapatkan banyak manfaat dari forum ini sebenarnya bisa jadi bias sih ulasan ini. Tapi sebisa mungkin saya objektif melihat dari sisi sinematis dan mengabaikan status sebagai salah satu kaskuser pengagum Mimin.
Film ini dibuka dengan perkenalan kedua karakter utama kita, Andrew Darwis (Albert Halim), sang Mimin (istilah admin pendiri Kaskus), seorang jenius pendiri dari Kaskus, sebuah forum internet terbesar di Indonesia dan Ken Dean Lawadinata (Dion Wiyoko), sang sepupu yang sangat bersemangat di saat mereka berdua sedang kuliah di Seattle, Amerika Serikat. Dimulai dengan dinamis dan penuh warna serta banyak menggunakan grafis yang cukup keren namun sayang awal film ini tampil berantakan dalam penyajiannya. Sesi introduksi karakter utama di 15 menit awal ini berjalan kurang mulus. Dari apa yang nampak di layar, seperti …