GALIH & RATNA (2017)

Dir: Lucky Kuswandi
Cast: Refal Hady, Sheryl Sheinafia, Marissa Anita, Ayu Diah Pasha, Hengky Tarnando
Genre: Drama Romance


Sebagai sebuah film romantis yang, film Galih & Ratna mampu menyampaikan sisi romantis pada cerita dengan baik dan manis. Tapi bukan hanya hal itu saja, memori-memori indah juga berhasil digali dari para penonton generasi 90-an yang menonton film ini.

Kaset pita yang sudah ditinggalkan di era digital dewasa ini diangkat kembali di sini dan dilambangkan sebagai karya kreatif yang dijadikan barang koleksi dan memiliki nilai sejarah. Relevansinya dengan era modern digambarkan pada ungkapan "Sampaikan kata-kata cinta lewat lagu". Ya, film ini sukses membawa saya ke memori masa-masa tersebut.


Selain kaset pita yang menjadi sumber kegalauan dari Galih (Refal Hady), masa depannya selepas SMA nanti juga menghantuinya di tengah kesulitan ekonomi keluarganya. Manakala cinta datang pada sosok Ratna (Sheryl Sheinafia) tidak serta merta membuatnya menjadi lebih mudah. Tapi bagi Galih, dengan Ratna di sisinya, setidaknya jadi lebih indah, walau tidak mudah.

Beberapa kali lompatan fase waktu yang terlalu cepat menjadi kekurangan film ini, selain juga hubungan asmara yang digambarkan amat singkat dari mulai awal pertama kali saling menatap sampai ke akhir film. Konflik terasa terlalu cepat muncul dan terlihat seperti kekurangan bumbu dan konflik di dalam penyelesaiannya. Dari sisi teknis adalah editing yang beberapa kali telat memindahkan shot gambar sehingga agak awkward dan ada beberapa stok gambar yang tidak balance dari sisi resolusi, sedikit patah-patah. 


Secara keseluruhan saya suka film ini. Lucky Kuswandi (Selamat Pagi Malam, Madame X, Ini Kisah Tiga Dara) makin matang dalam mengarahkan. Keindahan gambar dan beragam alunan simfoni yang enak didengar membuat cerita yang disampaikan terasa semakin manis. Walau ada kegetiran dalam konfliknya. Getir yang manis dengan simfoni indah. Bittersweet Symphony, begitu menurut lagu band The Verve.

My Rate: 4 out of 5 Stars 

PS: 
Film Galih & Ratna sukses bikin saya membongkar koleksi kaset yang dulu didengarkan di masa SMA sampai kuliah dan ternyata masih ada kaset Mixtape buat gebetan masa SMA yang gak pernah saya kasih dulu.. mixtapenya ada di paling bawah gambar ini.. sengaja di blur biar ga kebaca, malu... hahaha


Komentar

  1. Wow punya mixtape buat mantan gebetan. Saya dulu SMA gak tau apa2 tentang Mixtape, taunya kaset Kahitna doang punya kakak haha.

    Ini ulasan Galih & Ratna dari saya, boleh dikunjungi juga :D

    http://ulasanfilm21.com/galih-ratna-2017/

    BalasHapus
  2. Punya doongg.. zaman dulu lagu2nya aja ngerekam dari radio, jadi suka ada suara penyiarnya.. nunggu lagunya diputer deg-degan banget hahaha.. kahitna satu lagu ada di mixtape itu lho, yg Andai Ia Tahu.. cocok buat gebetan hihihi

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Flight 7500

MISTERI DILAILA V2 (2019) - THRILLER HOROR DENGAN TATA PRODUKSI APIK

SUNDUL GAN: THE STORY OF KASKUS (2016)