GET OUT (2017)

Dir: Jordan Peele
Cast: Daniel Kaluuya, Allison Williams, Bradley Whitford, Catherine Keener
Genre: Thriller, Horror


Seorang komedian bikin film horor/thriller secerdas ini merupakan satu hal yang langka. Jordan Peele, selaku penulis dan sutradara film ini menapaki karirnya sebagai seorang filmmaker pendatang baru yang handal. 

Kisah seorang wanita yang ingin memperkenalkan pacar kulit hitamnya kepada keluarga di kampung halaman, yang berpotensi menjadi kisah drama penuh kecanggungan, diplintir menjadi kisah thriller penuh ketegangan dan misteri. Ini terjadi manakala Chris (Daniel Kaluuya melihat berbagai keanehan pada sosok pelayan dan tukang kebun keluarga pacarnya, Rose (Allison Williams).



Daniel Kaluuya selaku peran utama mampu membawakan karakternya dengan sangat baik, kendati adegan-adegan menantang yang membutuhkan close up frame. Allison Williams juga mampu mengimbangi dengan peran seorang yang membela pacarnya di tengah gempuran pertanyaan canggung dari orangtuanya. Sementara pemeran kedua orangtua Rose, Bradley Whitford (Cabin In The Woods) dan Catherine Keener (Being John Malkovich) serta Betty Gabriel, sang pelayan dan Marcus Henderson, sang tukang kebun, mampu menebarkan aroma misterius sepanjang film. 

Banyak kritik sosial berkaitan dengan sentimen rasial yang disampaikan dalam film ini, mengenai stereotip akan orang kulit hitam, etika bersosialisasi dengan orang berbeda ras yang dilebih-lebihkan, dll, Sehingga yang disampaikan oleh Peele adalah kritik bahwa dunia masih belum bisa lepas dari persoalan rasial. Film ini tidak secara vulgar dan kritis mengutarakan persoalan itu, tapi hanya sekadar menunjukkan saja, sebagai kritik, dan ini satu hal jenius yang ada dalam film berbujet $4,5 juta ini. 


Peele tidak lupa menempatkan sisi komedinya di beberapa adegan film terutama yang melibatkan Rod (Lil Rel Howey), teman Chris yang dititipkan anjing peliharaannya. Sangat lucu dan beberapa kali mampu mengendurkan ketegangan. 

Overall, Get Out merupakan film luar biasa yang sangat wajib untuk disaksikan di bioskop. Dengan keunggulan teknis di sisi sinematografi dan tata suara apik yang menunjang cerita dengan twist ending mengejutkan dan klimaks penuh aksi yang memuaskan. 


Get Out adalah salah satu film terbaik tahun 2017.

My Rate: (5/5)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Flight 7500

MISTERI DILAILA V2 (2019) - THRILLER HOROR DENGAN TATA PRODUKSI APIK

SUNDUL GAN: THE STORY OF KASKUS (2016)