A: AKU, BENCI & CINTA (2017)

Dir: Rizki Balki
Scriptwriter: Alim Sudio
Cast: Jefri Nichol, Indah Permatasari, Brandon Salim, Syifa Hadju, TJ, Amanda Rawles
Genre: Teen Romance Comedy, Drama



Tahun 2017 ini merupakan kebangkitan film indonesia di genre romance.. setelah Dear Nathan dan Sweet 20 yang mampu tampil bagus dan memikat penonton, kini ada A: Aku, Benci & Cinta (selanjutnya disebut fim ABC) yang juga tampil baik.

Memakai formula film-film komedi romantis ala thailand, yang banyak menyisipi komedi yang absurd nan kocak dalam tiap film romantisnya. Film ABC ini berhasil memadukan formula tersebut. Alkisah, 3 sahabat Alvaro (Jefri Nnichol), Alex (Brandon Salim) dan Athala (Amanda Rawles) yang tengah menghadapi persoalan cinta segitiga mengalami musibah saat Athala mengalami kecelakaan dan koma selama setahun lebih. Alex dan Alvaro bergantian menjaga Athala setiap hari di rumah sakit.



Sementara di sekolah, Alvaro yang seorang ketua osis dan playboy di sekolah selalu terlibat konflik dengan Anggia (Indah Permatasari), sang wakil ketua osis yang menganggap Alvaro playboy murahan dan musuh besarnya. Mudah ditebak kalo di antara mereka akan muncul situasi2 romantis di tengah pertengkaran2 yang terjadi di sepanjang film. Film bergulir dengan konflik pertengkaran Anggia vs Alvaro, soal Athala dan laki-laki lain di tengah Alvaro dan Anggia.


Cerita film ini nggak berat dan bertele2, semua straight to the point dan simpel. Adegan2 romantisnya pun standar. Tetapi dengan selipan komedi yang kuat melalui sosok absurd guru kesenian dan penjaga sekolah yang setengah tuli, plus kekuatan akting Indah, Jefri dan Syifa Hadju sebagai Tara, sahabat Anggia membuat film ini spesial. Terlihat sekali sang sutradara berusaha memaksimalkan faktor tersebut di dalam film.

Sosok Anggia yang galak dan hantam sana sini, namun bisa juga manis saat tersentuh dan luluh melihat Alvaro dari sisi lain mampu ditampilkan dengan baik oleh Indah yang aktingnya sudah kuat sejak iklan Mastin.. eeh sejak film Rudy Habibie deh.. sementara Jefri Nichol yang baru saja dapat nominasi aktor terbaik FFB lewat film Dear Nathan tampil natural meski hanya melakukan pengulangan akting saja, karena karakter Alvaro mirip Nathan.



Beberapa poin plus lain adalah set desain dan musik yang bagus. Gue suka banget lagu based on puisi buatan Anggia yang dibuat oleh Alvaro, plus remake lagu Terima Kasih Cinta yang mendayu-dayu mengalun sepanjang film. Minusnya adalah kadang beberapa selipan komedi mengganggu adegan dramatik yang sedang berlangsung, jadi mengganggu kekhusyukan penonton, dan akting kaku Brandon Salim serta kurang mendalamnya penggambaran persahabatan sejak kecil antara Alvaro, Alex dan Athala.. 

Overall, ABC adalah film yang menyenangkan, sedikit lebih baik dari Dear Nathan. Semoga film ini laris dapat lebih dari 1 juta penonton. Amin.

My Rate: 4/5

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GITA CINTA DARI SMA (2023) – ADAPTASI PROGRESIF DARI ROMAN REMAJA TERHALANG RESTU

JOY RIDE (2023) – PETUALANGAN SERU, KOCAK & LIAR 4 CEWEK ASIA

BEAUTIFUL DISASTER - FILM ROMAN DEWASA YANG RENYAH & MENGHANYUTKAN