Langsung ke konten utama

BAD GENIUS (2017)

Dir: Nattawut Ponpiriya
Cast: Chutimon Chuengcharoensukying, Eisaya Hosuwan, Teeradon Supanpunpinyo, Chanon Santinatornkul
Genre: Drama,Thriller

Bad Genius is a masterpiece in filmmaking.. meski mengadopsi berbagai style film heist hollywood, terutama Ocean's Eleven, tapi dipadu tema yang unik, struktur cerita dan skrip yang solid, twist ending yang memuaskan serta kekuatan akting karakternya bikin melotot sepanjang film.
Kisah tentang si jenius, Lynn yang masuk sekolah unggulan dengan program beasiswa. Dengan dalih ingin meringankan beban ayahnya, atas saran Grace, sahabatnya. Lynn mengatur dan merencanakan sistem mencontek saat ujian bagi teman-teman sekolahnya. Semua dilakukan demi uang semata. Rencana Lynn berjalan lancar selama beberapa saat, sampai pada satu ujian, Bank, saingan Lynn dalam program beasiswa ke Singapura, tanpa sengaja berhasil membongkar bisnis contek-mencontek yang diijalankan Lynn di dalam sekolah tersebut. 
Gue gak mengira film yang berpusat tentang contek mencontek bisa tampil setegang dan seseru ini. Penonton bisa ikut keringat dingin dalam setiap adegan ujian yang digarap oleh sang sutradara dengan shot-shot detail nan dinamis, editing lincah, serta score yang ciamik. Luar biasa.
Filmnya detail banget, meski ada sedikit plot hole (yang bisa diignore, sih) tapi plantingan yang dipakai sebelum ending bener2 dipakai maksimal. Ironi pada adegan konklusi serasa menyesakkan, dan entah kenapa juga memuaskan di waktu yang sama.
One of the best endings in a one of the best films of 2017.
My Rate: 5/5


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Flight 7500

Dir. Takashi Shimizu Genre: Horror, Mystery Dibesut oleh sutradara dari Ju On, film horor legendaris Jepang bikin ekspektasi agak tinggi menyambut film ini. Benar saja level jump scare atau adegan nakut-nakutinnya cukup serem dan ngagetin, tapi cuma sebatas itu. Ceritanya tentang perjalanan Penerbangan 7500 menuju Tokyo yg mengalami berbagai kejadian aneh yg bermula dari kematian mendadak salah seorang penumpangnya. Dari situ berbagai karakter penumpang pesawat mulai mengalami berbagai kejadian mengerikan. Secara cerita film ini amat sangat standar, cenderung stagnan di tengah, kayak bingung mau diapain dan endingnya malah kayak gitu. Bikin eneg. Rate: 2 out of 5 stars

A: AKU, BENCI & CINTA (2017)

Dir: Rizki Balki
Scriptwriter: Alim Sudio
Cast: Jefri Nichol, Indah Permatasari, Brandon Salim, Syifa Hadju, TJ, Amanda Rawles Genre: Teen Romance Comedy, Drama



Tahun 2017 ini merupakan kebangkitan film indonesia di genre romance.. setelah Dear Nathan dan Sweet 20 yang mampu tampil bagus dan memikat penonton, kini ada A: Aku, Benci & Cinta (selanjutnya disebut fim ABC) yang juga tampil baik.
Memakai formula film-film komedi romantis ala thailand, yang banyak menyisipi komedi yang absurd nan kocak dalam tiap film romantisnya. Film ABC ini berhasil memadukan formula tersebut. Alkisah, 3 sahabat Alvaro (Jefri Nnichol), Alex (Brandon Salim) dan Athala (Amanda Rawles) yang tengah menghadapi persoalan cinta segitiga mengalami musibah saat Athala mengalami kecelakaan dan koma selama setahun lebih. Alex dan Alvaro bergantian menjaga Athala setiap hari di rumah sakit.


Sementara di sekolah, Alvaro yang seorang ketua osis dan playboy di sekolah selalu terlibat konflik dengan Anggia (Indah Perma…

SUNDUL GAN: THE STORY OF KASKUS (2016)

Dir: Naya Anindita
Cast: Dion Wiyoko, Albert Halim, Pamela Bowie, Melissa Karim, Baim Wong, Ronny P. Tjandra
Genre: Drama, Biografi






Sebagai salah satu Kaskuser yang mendapatkan banyak manfaat dari forum ini sebenarnya bisa jadi bias sih ulasan ini. Tapi sebisa mungkin saya objektif melihat dari sisi sinematis dan mengabaikan status sebagai salah satu kaskuser pengagum Mimin.
Film ini dibuka dengan perkenalan kedua karakter utama kita, Andrew Darwis (Albert Halim), sang Mimin (istilah admin pendiri Kaskus), seorang jenius pendiri dari Kaskus, sebuah forum internet terbesar di Indonesia dan Ken Dean Lawadinata (Dion Wiyoko), sang sepupu yang sangat bersemangat di saat mereka berdua sedang kuliah di Seattle, Amerika Serikat. Dimulai dengan dinamis dan penuh warna serta banyak menggunakan grafis yang cukup keren namun sayang awal film ini tampil berantakan dalam penyajiannya. Sesi introduksi karakter utama di 15 menit awal ini berjalan kurang mulus. Dari apa yang nampak di layar, seperti …