IT (2017)

Director: Andy Muschietti
Screenplay: Chase Palmer, Cary Fukunaga, Gary Dauberman
Based on Novel by: Stephen King
Genre: Horror, Slasher
Cast: Bill Skarsgard, Jaeden Lieberher, Finn Wolfhard, Sophia Lillis, Jeremy Ray Taylor, Chosen Jacobs, Jack Dylan Glazer, Wyatt Oleff, Jackson Robert Scott


Wow.. baru kali ini film horor menjadi begitu menyenangkan. Dengan menggunakan formula coming of age ala film Stand By Me, dengan horor rating R yang luar biasa sadis dan seram, It menjadi film horor terbaik tahun ini, menggeser Annabelle: Creation.

Film dibuka dengan momen hilangnya Georgie (Jackson Robert Scott) saat bermain perahu kertas buatan Bill (Jaeden Lieberher) di tengah hujan deras di tengah pemukiman di Kota Derry. Saat perahu kertasnya terjatuh ke dalam selokan, Georgie melihat sosok Badut Penari, Pennywise (Bill Skarsgard), yang berdiam di dalam lubang selokan dan merayu Georgie untuk mengambil perahu kertas dari tangannya. Georgie pun hilang.


Setahun berlalu, jumlah anak yang hilang pun semakin bertambah. Bill yang masih diliputi rasa penasaran atas hilangnya Georgie berniat menghabiskan libur musim panas bersama geng The Loser-nya Richie (Finn Wolfhard), Stanley (Wyatt Oleff) dan Edward (Jack Dylan Glazer) dengan mencari Georgie di ujung selokan di Barrens. 

Selama masa pencarian tersebut Pennywise meneror mereka satu persatu. Bukan mereka saja, teman satu sekolah mereka Ben (Jeremy Ray Taylor) dan Beverly (Sophia Lillis) serta Mike (Chosen Jacobs), teman sesama korban bully geng anak nakal pimpinan Henry Bowers (Nicholas Hamilton) pun mengalami hal yang sama. Hingga akhirnya Mike, Ben dan Beverly bergabung dengan geng The Losers mencari kebenaran mengenai siapa sebenarnya Pennywise dan tujuannya menculik dan meneror anak-anak di Kota Derry.


Sudah sejak bulan lalu Perri Nemiroff dari Collider (channel soal film di Youtube) mengabarkan bahwa It adalah film horor modern yang sangat bagus dan luar biasa seram. Ini membuat saya sangat mengantisipasi dan berharap banyak akan film It. Bukan tanpa alasan, beliau adalah pemerhati film horor dan host segmen Nightmares yang membahas segmen film-film horor, jadi reviewnya patut diapresiasi. 

Hasilnya, It blew my mind. Bukan hanya menjual seram dan menakut-nakuti. Film ini punya kisah persahabatan yang kuat, bercerita tentang keberanian pada anak-anak, serta Oh.My.God. sangat indah. Frame tiap frame gambarnya sangat bagus. Arahan sinematografi Chung-hoon Chung (Oldboy, Stoker) sangatlah berkelas, menambah nilai plus di film ini. Akting tiap pemainnya juga sangat baik, tanpa terkecuali. Semua bermain baik. Sophia Lillis dan Jack Dylan Glazer yang paling menonjol dari segi kekuatan akting.  Namun, Bill Skarsgard sebagai Pennywise adalah juaranya. Mimik wajah, senyum dan suaranya sangat menyeramkan sepanjang film. Luar biasa.


Kesimpulannya tidak dapat dielakkan lagi, Andy Muschietti sukses mengangkat adaptasi Novel Stephen King ini ke level horor klasik hingga bertahun-tahun ke depan. Dan di tahun 2017 ini kendati masih kalah seram dari sisi jumpscares dan atmosfer dari Annabelle: Creation, namun IT masih lebih baik secara keseluruhan film. Dengan keseimbangannya menceritakan sisi-sisi lain yang ada dalam novelnya, sisi persahabatan, sisi keberanian, beriringan dengan sisi kebrutalan Pennywise, si badut brengsek!

Rate: 4,5/5



Komentar

Postingan populer dari blog ini

GITA CINTA DARI SMA (2023) – ADAPTASI PROGRESIF DARI ROMAN REMAJA TERHALANG RESTU

JOY RIDE (2023) – PETUALANGAN SERU, KOCAK & LIAR 4 CEWEK ASIA

BEAUTIFUL DISASTER - FILM ROMAN DEWASA YANG RENYAH & MENGHANYUTKAN