SANJU (2018)

Dir: Rajkumar Hirani
Cast: Ranbir Kapoor, Paresh Rawal, Manisha Koirala, Jim Sarbh, Anushka Sharma, Sonam Kapoor, Vicky Kaushal
Genre: Biopik, Drama

Sanjay Dutt adalah nama aktor yang menjadi kontroversi di India karena dugaan keterlibatannya dengan teror bom mumbai di tahun 1993. Aktor ternama india di kurun waktu 80-90an ini memiliki kisah hidup yang dramatis dan film ini mengangkat kisah itu dari sudut pandang sang aktor.
Film dimulai saat Sanju (Ranbir) tengah menunggu keputusan pengadilan dan sedang disibukkan untuk mencari penulis buku biografinya. Setelah divonis 6 tahun penjara karena kempemilikan senjata api dengan waktu sebulan untuk menyerahkan diri Sanju pun menghubungi Winnie Diaz (Anushka), penulis biografi ternama.
Citra teroris yang menempel padanya membuat Winnie enggan menerima tawaran Sanju. Sanju pun berusaha keras agar Winnie mau menulis autobiografinya. Caranya adalah dengan jujur apa adanya dan menceritakan bahwa sudut pandang Sanju perlu diceritakan melawan citra buruk yang media dan masyarakat lekatkan pada Sanju.

Cerita Sanju yang dramatis berkaitan dengan keterlibatannya dengan narkoba, upayanya menghadapi sang Ibu yang sakit keras (Manisha), hubungan dengan ayah, Sunil Dutt (Paresh), sang aktor senior yang memberikan tekanan moral kepada Sanju, serta persahabatannya dengan Kamlesh (Vicky) yang setia dan banyak memberikan nasehat kepada Sanju membuat Winnie terenyuh dan mau menuliskan kisah Sanju tersebut.
Tapi saat bukti keterlibatan Sanju dengan teroris muncul di sebuah sesi interview dengan Kamlesh, Winnie pun menjadi bimbang dengan kebenaran kisah hidup Sanju ini...

Well, sebagai seorang sutradara kawakan, Rajkumar Hirani (3 Idiots, P.K.) mengangkat biopik ini dengan kualitas produksi yang sangat baik dan megah. Film ini juga diperkuat dengan dramatisasi yang kental dan penulisan karakter yang sangat kuat. Karakter Sanju yang dominan diimbangi dengan eksposisi karakter Sunil dan Kamlesh yang luar biasa menarik.

Film yang berpusat di Sanju ini tidak serta merta berfokus pada kisah hidup Sanju sebagai aktor dan kontroversinya saja, tapi lebih dalam berfokus tentang hubungan ayah dan anak serta persahabatannya dengan Paresh. Kedua plot ini sangat baik menguras emosi dan air mata.
Meskipun film ini dibuka dengan keanehan dari CGI penampilan Sanju yang aneh, plus kisah penulis buku gagal yang mengada-ada tapi secara keseluruhan film ini adalah salah satu biopik terbaik yang pernah ada.

Memang kalau soal akurasi cerita, hanya Sanju dan orang dekatnya yang tahu, tapi yang jelas merupakan sebuah pengalaman sinematis yang berharga untuk dinikmati para pecinta film.
My Rate: 4,5/5

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GITA CINTA DARI SMA (2023) – ADAPTASI PROGRESIF DARI ROMAN REMAJA TERHALANG RESTU

JOY RIDE (2023) – PETUALANGAN SERU, KOCAK & LIAR 4 CEWEK ASIA

BEAUTIFUL DISASTER - FILM ROMAN DEWASA YANG RENYAH & MENGHANYUTKAN