INDISKOP FESTIVAL 2020 JADI FESTIVAL FILM ONLINE PERTAMA DI INDONESIA


Pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak awal tahun 2020 menandai era baru dalam berbagai bidang hiburan di dunia. Salah satu yang terdampak secara signifikan adalah dunia film. Indiskop yang berdiri tahun 2019 lalu selaku ekshibitor baru di dunia film Indonesia yang mempunyai semboyan Bioskop Rakyat mencanangkan sebuah festival film yang akan meramaikan era new normal ini.

Indiskop Festival: 2020 Online Film Festival adalah program yang dicanangkan oleh Indiskop yang memiliki berbagai program di dalamnya. Di antaranya, Short Film Competition, Film Classes, Social Entrepreneurship Class, Talkshow dan Film Screening. Festival ini direncanakan berlangsung dari tanggal 26 Juni - 31 Agustus 2020.

Melalui konferensi pers yang dilangsungkan secara daring pada 24 Juni 2020, yang diselenggarakan oleh Indiskop dengan mengundang berbagai pihak pendukung acara dan awak media. Penggagas Indiskop, Marcella Zalianty, menyampaikan bahwa Indiskop Festival 2020 yang bertemakan Indonesia Bangkit ini dirancang tidak hanya untuk sarana hiburan saja, tetapi sebagai medium literasi dan bagaimana kita mengapresiasi film Indonesia.


Program-progam yang ada di dalam Indiskop Festival 2020 antara lain Indisclass yang merupakan kelas penulisan naskah, penyutradaraan, akting dan bisnis produksi film dengan biaya berkisar Rp. 150.000-Rp. 500.000 per kelas. Sementara Indistalk adalah diskusi santai antar dua pembicara yang ahli di bidangnya yang akan disiarkan live melalui Youtube dan Instagram setiap senin mulai pukul 16.00 dan berlangsung 30-60 menit.

Untuk program Indisscreening akan memutarkan film melalui aplikasi Indiskop yang isinya merupakan 100% hasil karya anak bangsa. Program pamungkas dalam Indiskop Festival adalah Short Film Competition yang mengusung tema "Dari Rumah Untuk Indonesia" dengan durasi 5-20 menit. Pengumpulan film untuk kompetisi ini akan dimulai sejk 26 Juni 2020.


Berbagai program dalam Indiskop Festival ini juga akan melibatkan berbagai nama-nama besar dalam industri film tanah air, di antaranya Garin Nugroho (sutradara Kucumbu Tubuh Indahku), Ifa Isfansyah (produser & sutradara film Sang Penari), Titien Wattimena (penulis naskah Dilan 1990), Andhy Pulung (editor film Hari Untuk Amanda), serta barisan aktor ternama seperti Reza Rahadian (Habibie & Ainun), Chelsea Islan (Sebelum Iblis Menjemput), Ine Febrianti (Bumi Manusia), Niniek L. Karim (Sweet 20), Teuku Rifnu Wikana (Night Bus), dan Jose Rizal Manua (Asmara Dua Diana).

Event Indiskop Festival 2020 yang dibuka untuk umum ini didukung penuh oleh lintas kementrian di antaranya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementrian Komunikasi dan Informatika dan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta sektor BUMN yang diwakili oleh Bank Mandiri dengan penawaran program diskon untuk biaya program Indisclass untuk peserta pengguna layanan Bank Mandiri.

Untuk informasi lebih lanjut bisa dilihat di tautan berikut ini.
http://indiskop.id/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

GITA CINTA DARI SMA (2023) – ADAPTASI PROGRESIF DARI ROMAN REMAJA TERHALANG RESTU

JOY RIDE (2023) – PETUALANGAN SERU, KOCAK & LIAR 4 CEWEK ASIA

COBWEB (2023) - HOROR KLASIK ATMOSFERIK BIKIN BERGIDIK