TALK TO ME (2023) – PERMAINAN MEMANGGIL ARWAH YANG MENGERIKAN & MEMATIKAN


Puluhan film horor baik lokal maupun mancanegara memiliki berbagai adegan atau bahkan premis utama yang mengangkat elemen permainan memanggil arwah, seperti franchise film Jelangkung atau seri film Ouija, Insidious atau The Conjuring, namun film Talk To Me membawa sesuatu yang berbeda.

Film produksi Australia yang didistribusikan oleh rumah produksi yang sedang naik daun A24 ini membawa kesegaran baru di genre horor lewat tangan dingin duet Danny dan Michael Philippou yang saat ini duet sutradara paling diburu di Hollywood. Film Talk To Me tayang 23 Agustus di bioskop Indonesia.

Sinopsis

Mia (Sophie Wilde) masih dalam keadaan berduka setelah setahun kematian ibunya yang meninggal bunuh diri. Lewat support system sahabatnya Jade (Alexandra Jensen) yang mendukung bersama adiknya Riley (Joe Bird) & ibunya Sue (Miranda Otto), Mia mulai merasakan kembali kehangatan keluarga dan perlahan membaik, walaupun hubungan dengan ayahnya Max (Marcus Johnson) masih dingin.

Kembali hidup sebagai seorang remaja, ditemani Jade & Riley, Mia datang ke sebuah pesta yang diadakan oleh Hayley (Zoe Terakes) yang memiliki sebuah patung tangan untuk dijadikan alat permainan memanggil arwah sekaligus medium masuknya arwah ke tubuh manusia yang menjabat tangan tersebut lewat rapalan mantra “talk to me”. Sejak pesta di malam itu, kehidupan Mia, Jade & Riley berubah jadi mengerikan dan menakutkan akibat teror dari para arwah keji.

Ulasan

Menonton dengan ekspektasi tinggi berbekal review yang ramai di sosial media beberapa waktu sebelum penayangan screening untuk media di Indonesia senin 21 Agustus kemarin, kami dipuaskan dengan film Talk To Me yang melebihi ekspektasi. Tampil tanpa adegan jumpscares yang memakan durasi untuk set up adegan kejutan, film berdurasi 95 menit ini mengandalkan adegan-adegan shocking yang muncul tiba-tiba didukung dengan tata suara menakjubkan.

Rating 17 tahun ke atas yang disematkan memang dimaksimalkan film ini dengan adegan gore berdarah yang meskipun tanpa adegan mutilasi, tapi punya banyak terapi kejut bikin meringis dan mengerikan. Lagi-lagi kredit dan pujian layak disematkan pada sosok penata suara alias sound designer yang dijabat oleh Emma Bortignon (Franklin, of an Age).

Naskah yang ditulis oleh Bill Hinzman bersama Danny Philippou yang diangkat dari konsep Daley Pearson ini memang tidak fokus di asal muasal patung tangan, tetapi menyerempet ke elemen psychological horror yang dialami oleh karakter Mia. Mungkin bukan suatu yang baru di saat film bergeser fokus ke Mia dan masalah mentalnya, tapi paduannya dengan gaya remaja thriller/slasher a la film Scream, I Know What You Did Last Summer membuat film horor ini terasa fresh.

Sempalan-sempalan metafora dan analogi ala film-film arthouse yang menjadi trademark studio A24 pun tidak lupa dimunculkan lewat adegan saat para karakter mengalami kecanduan untuk terus menerus memanggil arwah. Cerdas sekaligus punya pesan di dalam kisahnya membuat film ini sangat meninggalkan kesan.

Para aktor yang bermain di film ini pun cenderung merupakan aktor muda yang masih hijau pengalamannya. Praktis hanya Miranda Otto (The Lord of The Rings trilogy) saja yang menjadi aktor ternama sekaligu esecutive producer untuk film Talk To Me. Kendati begitu, level kualitas akting para aktor mudanya sungguh mengesankan. Terutama sang ujung tombak, Mia yang di tangan Sophie Wilde jadi sosok rapuh yang terganggu mentalnya.

Sementara dari sisi teknis, lokasi syuting yang banyak di dalam ruangan membuat film ini terlihat sekali berbujet murah, namun hasilnya jauh dari kata murahan. Set kamar, ruang tamu atau sekeliling rumah terlihat natural dan mininm touch up. Talk To Me jadi produksi film yang terbilang murah, yaitu 4,5 juta dolar dengan penghasilan sampai hari ini (22 Agustus-red) mencapai 10 kali lipatnya, alias 45 juta dolar.

Kesimpulan

Akhir kata, bergegaslah menonton Talk To Me segera setelah film ini rilis di bioskop dan nikmati rasa takut yang muncul dari adegan-adegan mengerikan dan mengejutkan yang akan memenuhi film ini sejak menit pertama film. Persiapkan juga telinga untuk mendengar tata suara ajaib yang menakjubkan sepanjang kami menonton film bergenre horror.

Talk To Me tayang mulai 23 Agustus 2023 eksklusif hanya di bioskop Cinema XXI saja.

My Rate: 4,5 out of 5 Stars

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GITA CINTA DARI SMA (2023) – ADAPTASI PROGRESIF DARI ROMAN REMAJA TERHALANG RESTU

JOY RIDE (2023) – PETUALANGAN SERU, KOCAK & LIAR 4 CEWEK ASIA

COBWEB (2023) - HOROR KLASIK ATMOSFERIK BIKIN BERGIDIK