MOANA (2016)

Dir: Ron Clements, Don Hall
Cast: Auli'i Cravalho, Dwayne Johnson, Temuera Morrison, Jermaine Clement
Genre: Animation, Fantasy Adventure






Dibuka dari adegan seru dari manusia setengah dewa, Maui (Dwayne Johnson) mencuri sebuah batu yang menimbulkan terjadinya sesuatu yang kelam di dunia. Film lalu beranjak menampilkan tuan putri dari sebuah suku di wilayah Polinesia yang wilayahnya di kelilingi lautan indah. Sebagai calon penerus kepemimpinan sukunya, Moana (Auli'i Cravalho) banyak mendapat petuah dan aturan dari sang Ayah (Temuera Morrison). Termasuk larangan untuk mendekati lautan. 

Pun begitu kisah legenda dari untaian cerita Sang Nenek, Gamma Tala (Rachel House) sejak kecil membuat Moana penasaran akan keindahan laut lepas. Sampai akhirnya Moana menemukan fakta bahwa nenek moyang sukunya adalah pelaut ulung dan ternyata sang ayah menyembunyikan kapal-kapal peninggalan sukunya. Kemudian terjadi hal yang aneh kala hasil laut semakin menipis, panen gagal, dll. Sang Nenek menemukan sebuah batu yang menurutnya menjadi penyebab terjadinya hal buruk di desa mereka. Dari situlah Moana memutuskan untuk bertualang menyelesaikan masalah di desanya dan menyusuri  langkah yang ditunjukkan sang nenek. 




Disney did it again! Moana tampil sangat baik, sempurna. Nilai hiburan tingkat tinggi dari animasi berkualitas, cerita yang meski formulaic dan ringan tapi tetap segar dengan guliran berbagai adegan-adegan komedi dan karakter lucu (HeyHey si ayam, karakter air laut, karakter tato), slapsticknya pun tidak norak. Salah satu nilai tinggi film ini juga adalah  lagu-lagunya, catchy dan sangat bagus.

Dengan konsistensi seperti ini kita bisa berharap lebih banyak dari Disney di tahun-tahun mendatang. Harapan bahwa Disney akan terus melahirkan karakter-karakter yang menginspirasi anak-anak dengan animasi-animasi buatan mereka.



My Rate: 5 outta 5


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Flight 7500

MISTERI DILAILA V2 (2019) - THRILLER HOROR DENGAN TATA PRODUKSI APIK

SUNDUL GAN: THE STORY OF KASKUS (2016)