ULASAN FILM SI DOEL THE MOVIE 2 - DILEMA MEMILIH ANTARA SARAH ATAU ZAENAB

Sinetron Si Doel Anak Sekolahan adalah tonggak bersejarah dan salah satu hal positif yang dihasilkan oleh industri televisi Indonesia semenjak mulai dibolehkannya siaran tv swasta pada tahun 1987. Diangkat dari cerita karangan Aman Datuk Madjoindo yang berjudul Si Doel Anak Betawi, kisah kehidupan Abdullah yang sebelumnya telah difilmkan versi Doel anak-anak di tahun 1973 dan versi Doel dewasa di tahun 2018 ini kembali dilanjutkan dengan menceritakan problema hidup si Doel di antara pernikahannya dengan Sarah dan Zaenab.

Diproduksi oleh Karnos Film bekerjasama dengan Falcon Pictures, film Si Doel The Movie 2 ini masih disutradarai oleh H. Rano Karno dan menyertakan pemain yang sama dengan versi televisi, dipadukan dengan para pemain dari film Si Doel The Movie yang pertama, antara lain Cornelia Agatha, Maudy Kusnaedi, Aminah Cendrakasih, Mandra, Adam Jagwani, Hj. Tonah dan Suti Karno. Film yang mengambil slot tayang saat libur lebaran ini akan hadir di seluruh bioskop Indonesia mulai tanggal 4 Juni 2019. 

Sinopsis

Dengan latar waktu sepulangnya Doel (Rano Karno) dan Mandra (Mandra) dari Belanda, film ini memulai konflik manakala Atun (Suti Karno) membahas perihal foto Doel bersama Sarah (Cornelia Agatha) serta Doel Kecil (Rey Bong) yang tidak sengaja terkirim dari handphone Mandra ke handphone Atun. Doel meminta Mandra dan Atun merahasiakan soal Sarah dan Doel kecil dari Zaenab (Maudy Kusnaedi) yang terlihat memendam kecurigaan.

Sementara itu di Belanda, Doel Kecil merencanakan liburan sekolah ke Jakarta untuk mengunjungi ayahnya. Setelah mendapat izin Sarah, Doel kecil pun mencoba menghubungi ayahnya lewat bantuan sahabat ayahnya, Hans (Adam Jagwani). Mendapat kabar tersebut, Doel dilema antara gembira anaknya mau datang dan bingung memikirkan perasaan Zaenab jika tahu.

Doel pun mengumpulkan keberanian untuk jujur pada Zaenab. Reaksi Zaenab yang terlihat tenang di depan Doel membuat Doel merasa Zaenab bisa menerima keadaan tersebut. Esoknya, tanpa Doel ketahui Zaenab menemui Munaroh (Maryati Tohir) dan menumpahkan keresahannya bahwa Zaenab merasa Doel masih mencintai dan berharap kepada Sarah. 
Kekhawatiran yang sama juga dirasakan oleh Maknyak (Aminah Cendrakasih). Setelah Doel cerita ke Maknyak, tersirat keraguan yang maknyak rasakan dari sikap Doel. Maknyak pun meminta Doel untuk tegas dalam bersikap untuk memilih antara Zaenab yang telah ia nikahi secara siri atau Sarah istrinya yang sah, sekaligus ibu dari anaknya yang telah menelantarkan Doel selama ini. Sebuah dilema berkepanjangan yang harus segera Doel putuskan.

Ulasan

Film Si Doel The Movie 2 menunaikan tugasnya sebagai sebuah film kelanjutan yang baik dalam merangkai problema utama cinta segitiga antara Doel-Sarah-Zaenab. Namun sayangnya film tidak memberi kesempatan yang baik untuk beberapa subplot disekitar plot utama tersebut. Hal tersebut mengakibatkan film terasa berputar-putar di persoalan dan konflik yang itu-itu saja, khas seperti di dalam sinetron, satu masalah diulur-ulur demi episode yang semakin panjang.

Tercatat ada tiga subplot yang terasa mentah, yaitu soal Mandra dan ojek online, penumpang misterius Mandra yang diperankan Wizzy, serta soal tawaran pekerjaan Koh Ahong untuk Doel. Ketiga subplot yang diceritakan di babak pertama film tidak sama sekali diceritakan kembali sampai akhir film. 
Plot yang fokus ke Doel, Sarah dan Zaenab ini memberikan kesempatan eksplorasi yang luas bagi para aktornya. Kredit lebih layak diberikan kepada Maudy Kusnaedi (Garuda Di Dadaku, Soekarno) yang sekali lagi mampu memberikan kualitas akting nomer satu setelah sebelumnya juga tampil gemilang dalam film Ave Maryam. Aktor kawakan Rano Karno juga tampil menawan penampilannya dengan menampilkan rentang emosi lebih variatif dibanding dalam film Si Doel The Movie yang lebih banyak galau.

Penampilan lain yang patut diapresiasi lebih adalah aktris senior Aminah Cendrakasih (Asrama Dara, Betty Bencong Slebor). Di tengah kondisi kesehatannya yang mengalami kebutaan dan kelumpuhan, Aminah mampu memberikan performa apik dengan peran yang cukup berat sebagai Ibu yang khawatir dengan anaknya sekaligus tegar memberikan nasehat. Aminah memerankan Maknyak dengan penuh determinasi tanpa terasa kegetiran yang menyiratkan keteguhan hati dalam barisan dialog yang ia hantarkan. 

Di luar Mandra dan Suti Karno yang masih efektif sebagai pemancing tawa, film ini hanya menyisakan Cornelia Agatha (Detik Terakhir) yang kurang bisa mengimbangi kualitas akting para pemain lainnya. Terasa ketimpangan yang jelas antara Zaenab dan Sarah disaat mereka berjumpa dan berusaha menahan emosi yang tumpah. Cornelia lebih banyak bereaksi mengulum bibir secara repetitif sedangkan matanya tidak menyiratkan kegelisahan emosinya. 
Dari departemen produksi, nyaris tidak ada hal yang istimewa. Ada beberapa shot yang menarik tapi tidak memberikan hal yang baru. Hebatnya tim produksi adalah bagaimana memanfaatkan rumah Doel yang hanya memiliki kurang dari 10 set tapi tidak terasa membosankan. Ini berkat kerja keras tim penata kamera dan desain produksi tentunya. Sementara tata musik oleh Purwacaraka masih memberikan nada dan semangat yang sama dengan versi sinetron dengan versi kekinian dan orkestrasi yang megah.

Kesimpulan Akhir

Memiliki base penggemar yang melimpah menjadikan film Si Doel The Movie 2 memiliki keunggulan dibanding film-film Indonesia lain yang tayang di momen lebaran 2019 ini. Rasa penasaran dan nostalgia para penggemar sinetron Si Doel dan penonton film Si Doel The Movie akan terbayarkan lunas di dalam film ini berkat konflik Doel-Sarah-Zaenab yang berkembang seiring kehadiran Doel Kecil dan keinginannya untuk dekat dengan ayahnya. 

Penuturan konflik yang  berputar di situ-situ saja memang berpotensi membuat penonton terbelah, tetapi relevansi konflik dengan kehidupan sehari-hari, nostalgia kepada para karakter serta rasa penasaran akan kelanjutan kisah si Doel sepertinya akan mendatangkan banyak penonton untuk menonton Si Doel The Movie 2 di bioskop pada tanggal 4 Juni 2019 nanti.

My Rate: 3,5 dari 5 Bintang

Si Doel The Movie 2 | Prod: Karnos Film & Falcon Pictures | Dir: Rano Karno | Script: Rano Karno | Casts: Rano Karno, Cornelia Agatha, Maudy Kusnaedi, H. Mandra, Suti Karno, Aminah Cendrakasih, Rey Bong, Adam Jagwani, Hj Tonah, Maryati Tohir, Wizzy, Oppie Kumis

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GITA CINTA DARI SMA (2023) – ADAPTASI PROGRESIF DARI ROMAN REMAJA TERHALANG RESTU

JOY RIDE (2023) – PETUALANGAN SERU, KOCAK & LIAR 4 CEWEK ASIA

COBWEB (2023) - HOROR KLASIK ATMOSFERIK BIKIN BERGIDIK