DUNGEONS & DRAGONS (2023) – KOCAK, SERU, KONYOL, ADAPTASI GAME YANG SUKSES

Dalam sejarahnya film-film yang diadaptasi dari game banyak yang gagal secara komersial maupun di mata kritikus. Tercatat film yang paling sukses hanyalah dua film Sonic The Hedgehog yang rilis belum lama ini. Kini sebuah Role Playing Game (RPG) bertajuk Dungeons & Dragons mencoba peruntungannya di Hollywood.

Film dengan Dungeons & Dragons: Honor Among Thieves ini disutradarai John Francis Daley & Jonathan Goldstein dengan memakai barisan aktor ternama dalam sosok Chris Pine, Michelle Rodriguez, Justice Smith, Sophia Lilis, Daisy Head & Rege Jean-Page.

Dungeons & Dragons: Honor Among Thieves tayang di bioskop mulai 29 Maret 2023

Synopsys

Hidup Edgin (Chris Pine) berubah 180 derajat semenjak kematian istrinya. Bersama sahabatnya Si sangar Holga (Michelle Rodriguez), si penyihir muda Simon (Justice Smith) dan si penuh muslihat Forge (Hugh Grant) yang membawa penyihir Sofina (Daisy Head) berkomplot membentuk gerombolan pencuri. Namun, Edgin bukan mengincar harta, tetapi ingin mendapatkan sebuah pusaka yang bisa membangkitkan orang mati. Semua Edgin lakukan demi menghidupkan istrinya dan ibu dari Putrinya Kira (Chloe Coleman).

Pusaka berhasil ia curi, namun Edgin & Holga gagal melarikan diri dan dijebloskan ke penjara, untung saja ia sempat menitipkan pusaka dan putrinya pada Forge yang berhasil kabur bersama Sofina dan Simon. Setelah ‘bebas’, Edgin harus mendapatkan kenyataan pahit bahwa Forge berkhianat dan putrinya terhasut oleh muslihat Forge. Edgin & Holga pun diusir paksa oleh Forge lewat Sofina yang kejam. Saatnya bagi Edgin membalas dendam dengan membentuk komplotan baru.

Ulasan

Disutradarai oleh John Francis Daley & Jonathan Goldstein sutradara film komedi sukses Game Night, yang secara spesifik memiliki kesamaan dalam hal perjalanan-perjalanan menyelesaikan berbagai misi dalam sebuah permainan, film Dungeons & Dragons: Honor Among Thieves tanpa disangka-sangka tampil menyenangkan dan ditulis dengan rapi. Yang paling mengejutkan juga adalah film ini memiliki momen-momen keluarga yang menyentuh di beberapa bagian film.

Naskah yang juga ditulis oleh duet penulis film Spider-Man: Homecoming ini terbilang rapi dengan struktur cerita yang unik. Film dimulai dari momen Edgin & Holga di penjara dan menghadapi sidang banding untuk kemudian menceritakan latar belakang film saat Edgin bersaksi. Sekuens pertama di babak I ini sangat kocak dan menentukan tone komedi film sejak awal.

Dari penjara, film bergerak cepat ke usaha Edgin bertemu dengan Kira putrinya sampai ke konflik utama film yang merupakan motif utama Forge berkhianat. Film secara adil juga memberikan latar belakang cerita yang cukup buat karakter-karakter utama lainnya. Untuk bagian ini, penulis naskah terbilang kreatif dan detail.

Di luar karakter dan latar belakangnya, misi-misi dalam film yang merupakan pengejawantahan game-nya juga sangat baik dan seru. Tidak masalah sama sekali untuk awam seperti saya yang tidak pernah bermain game-nya. Semua karena saya peduli pada karakter-karakternya. Pada Edgin yang mencintai keluarganya, pada Holga yang kesetiaanya mengagumkan, pada Simon yang rasa tidak percaya dirinya bikin gemas atau pada Doric (Sophia Lilis) yang mendambakan kedamaian di tanah leluhurnya. Sebuah misi mencari tahu dimana sebuah pusaka dengan cara bertanya pada mayat-mayat para saksi keberadaan pusaka menjadi misi yang paling konyol bin kocak.

Gaya komedi Daley & Goldstein masih sama dengan gaya dalam Game Night, dan kali ini karakter Bateman diganti dengan Chris Pine. Bagi kami ini adalah casting yang hebat. Chris Pine (Princess Diaries 2, This Means War) yang sebelumnya mempesona sebagai Captain James T. Kirk di trilogi modern Star Trek bermain gemilang sebagai Edgin si Perencana yang celetukannya selalu mengocok perut, minimal bikin senyum lah. Sementara, Michelle Rodriguez (Fast & Furious saga, Widows) tidak kalah hebatnya berperan sebagai Holga, wanita tangguh dan dingin. Holga seakan jadi antidote buat Edgin.

Justice Smith, Sophia Lilis, Daisy Head dan Chloe Coleman bermain cukup baik meski tidak terlalu menonjol. Yang menjadi pencuri perhatian adalah Rege Jean-Page (serial Bridgerton) yang tampil mempesona dan keren. Karakter coolnya diglorifikasi besar-besaran dalam film walaupun durasi tampilnya minim. Sementara Hugh Grant tampil tipikal dan kelihatan kelelahan, sementara sebuah cameo mengejutkan dari salah satu aktor besar sukses memancing tawa.

Dari sisi teknis, presentasi film di layar IMAX lokasi screening film dilangsungkan cukup baik meski tidak spesial, tercatat ada beberapa adegan yang terlihat grain-nya di layar, mungkin resolusi di adegan itu bukan standar IMAX. CGI dan efek visual yang jadi tantangan di dalam genre fantasy digarap dengan baik dalam Dungeons & Dragons: Honor Among Thieves ini.

Final Verdict

Seru, menyenangkan, konyol dan kocak, film Dungeons & Dragons: Honor Among Thieves menjadi film adaptasi game yang sukses mengadaptasi permainan dan misi di dalam gamenya dengan isian drama keluarga yang menyentuh, persahabatan dan pengorbanan yang indah serta komedi yang kocak lewat karakter-karakter unik yang berkesan. Jangan lewatkan hiburan maksimal dari Dungeons & Dragons: Honor Among Thieves. Sangat layak disaksikan di layar bioskop!

Dungeons & Dragons: Honor Among Thieves tayang di bioskop mulai 29 Maret 2023.

Rating 4/5 stars

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GITA CINTA DARI SMA (2023) – ADAPTASI PROGRESIF DARI ROMAN REMAJA TERHALANG RESTU

JOY RIDE (2023) – PETUALANGAN SERU, KOCAK & LIAR 4 CEWEK ASIA

COBWEB (2023) - HOROR KLASIK ATMOSFERIK BIKIN BERGIDIK