JOHN WICK: CHAPTER 4 (2023) – ACTION MEGAH TERBAIK DEKADE INI

Saga film laga John Wick memasuki film keempat yang menghadapi tantangan besar untuk memberikan diferensiasi dari ketiga film sebelumnya yang secara sekuensial bereskalasi dari sisi kemegahan adegan aksi dan aktor pendukung tambahan. Setelah di film ketiga menambah Yayan Ruhian, Cecep Arif Rahman dan Mark Dacascos, film keempat yang bertajuk John Wick: Chapter 4 menambah amunisi dalam sosok Hiroyuki Sanada, Bill Skarsgard, Scott Adkins dan sang pemeran Ip Man, Donnie Yen.

Masih disutradarai oleh Chad Stahelski dan bertumpu pada Keanu Reeves sebagai sang Baba Yaga, John Wick, yang masih didampingi aktor sejak film terdahulu Ian McShane, Lance Reddick dan Laurence Fishburne, John Wick: Chapter 4 akan tayang di bioskop Indonesia mulai 22 Maret 2023.

Synopsys

John Wick (Keanu Reeves) masih melanjutkan pelariannya sembari memburu The Elder yang mengusiknya di film ketiga. High Table, organisasi yang mengatur para pembunuh bayaran pun tidak tinggal diam, mereka menjanjikan hadiah 18 juta dollar bagi siapa yang mampu membunuh Wick. Sosok baru Marquis de Gramont (Bill Skarsgard) yang kejam juga ditugaskan High Table sebagai pemburu utama Wick yang menugaskan hitman mantan sahabat Wick, Caine (Donnie Yen)

Perburuan Marquis pada sosok Wick berlangsung di beberapa lokasi, melibatkan ratusan begundal dan puluhan pemburu bayaran yang menginginkan hadiah utama. Salah satu pemburu bayaran berjuluk Tracker (Shamier Anderson) dan anjingnya ikut terlibat dan menjadi faktor penentu dalam perburuan John Wick. Selamatkah sang jagoan dari banyak pihak yang memburunya?

Review

Keanu Reeves kembali dalam salah satu peran khasnya di JOHN WICK: CHAPTER 4, sebagai pembunuh bayaran yang menemukan jalan untuk mengalahkan The High Table – sebuah dewan yang terdiri dari dua belas penguasa kejahatan yang mengatur organisasi paling kuat di dunia underground. The High Table juga yang telah menempatkan hadiah jutaan dollar untuk kepala John Wick atas pembangkangannya. Demi mendapatkan kebebasannya, John Wick harus berhadapan dengan musuh baru dengan aliansi kuat di seluruh dunia yang mengubah teman lama menjadi musuh yang mematikan.

Gokil. John Wick: Chapter 4 ini memiliki semua yang diinginkan para penggemar sinema. Aksi pertarungan tangan kosong, gun kata alias adu pistol jarak dekat, adu sabetan pedang & tusukan pisau, sampai penggunaan senapan otomatis yang diarahkan ke kepala menjadi sajian rutin di dalam durasi 2 jam 49 menit film ini.

Naskah yang ditulis oleh duet Shay Hatten (Army of The Dead, John Wick 3: Parabellum) & Michael Finch (Predators 2010, American Assassin) memang tidak banyak berisi hal-hal yang baru, namun sekadar melanjutkan kisah pelarian dan perburuan sosok John Wick saja. Beberapa kali perpindahan negara yang dilakukan Wick di dalam film memang seakan ‘dimudahkan’ demi kelancaran plot cerita.

Plot perburuan yang dicanangkan Marquis pun tidak serepot dibayangkan, dalam film Wick digambarkan sangat sulit dilacak sehingga butuh bantuan pembunuh bayaran lain demi mendapatkan info dimana Wick berada atau bahkan menyuruh mereka untuk membungkam sendiri sang Baba Yaga. Plot yang sederhana itu dirancang sedemikian rupa untuk melancarkan set up sekuens adegan laga yang tiap sekuensnya memakan rentang waktu 20-30 menit. Tercatat ada 4 sekuens ‘tawuran’ berlangsung dalam John Wick: Chapter 4.

Departemen koreografi laga, sinematografer, production designer bekerja dengan keselarasan yang satu visi dalam mengkreasikan 4 sekuens adegan laga tersebut. 2 Sekuens di pertengahan film menjadi favorit kami, yaitu di tengah jalan dekat rotunda Champs-Elysees dan sekuens di dalam rumah konstruksi dengan angle kamera tracking dari atas ala bird eye. Kerjasama ketiga departemen dengan tim editor dan aktor yang beraksi maksimal di sekuens adegan tersebut sangatlah kompak. Kelihatan sekali bahwa film ini dibuat oleh mata seorang veteran stuntman yang paham soal adegan laga berbahaya namun aman saat pembuatannya.

Sutradara Chad Stahelski (John Wick 1, 2 & 3) adalah sosok yang bertanggung jawab atas itu. Mantan stuntman profesional di berbagai film dan asisten sutradara di Captain America Civil War. Kemampuan Stahelski mengarahkan para pemainnya patut diacungi jempol. Tempo dan eskalasi kerumitan dari sekuens satu sampai sekuens akhir terjaga dengan baik dengan satu catatan minor saat adegan Wick vs Killa di sebuah nite club. Peristiwa pertarungan dan adu tembak di tengah lantai dansa sangat datar secara emosi dari pengunjung club. Mereka pun kurang ada rasa panik dan hanya terus berjoget saja. Kurang logis.

Dari sisi akting, Bill Skarsgard (It, Barbarian) sangat cocok jadi karakter menyebalkan, kejam dan licik di dalam film ini. Sementara Donnie Yen (Ip Man) yang jadi pusat perhatian menunaikan tugasnya dengan baik sebagai pembunuh bayaran dengan berbagai dimensi yang ia bawa untuk karakternya. Satu yang menonjol dalam film ini adalah betapa Keanu Reeves (The Matrix, Knock Knock) sangat kelelahan menghadapi lawan-lawan yang tidak bosan-bosan memburunya.

Maulani Saririzky, Movie Promotion & Partnership Manager Cinema XXI mengatakan ini adalah gambaran dari film yang spektakuler. “The most anticipated movie this year has arrived! Aksi tanpa henti sejak awal hingga akhir, Keanu Reeves beserta jajaran cast papan atas Hollywood seperti Donnie Yen, Bill Skarsgård, Hiroyuki Sanada, Laurence Fishburne, Ian McShane, Rina Sawayama, dan Scott Adkins, menjadikan film ini menjadi tontonan yang luar biasa!”

“Dapat dikatakan bahwa John Wick: Chapter 4 adalah film yang berbeda level jauh diatas dibandingkan film-film sebelumnya.” Tambahnya.

Final Verdict

John Wick: Chapter 4 is bloody awesome! Best action film of the decade!

Memasuki film keempatnya, John Wick tidak kendor sama sekali, malah melampaui film sebelumnya dari sisi action choreography. Pergerakan kamera dinamis yang tidak memusingkan dan malah berirama sesuai dengan situasi yang ia rekam. Sebuah film action yang akan memuaskan dahaga para penggemar film laga.

John Wick: Chapter 4 tayang di Cinema XXI dan IMAX pada tanggal 22 Maret 2023, tiket dapat dibeli melalui m.tix, Tix ID dan Loket Bioskop. Informasi lengkap mengenai lokasi, jadwal penayangan serta promo yang berlaku, bisa cek di aplikasi m.tix atau website www.21cineplex.com 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GITA CINTA DARI SMA (2023) – ADAPTASI PROGRESIF DARI ROMAN REMAJA TERHALANG RESTU

JOY RIDE (2023) – PETUALANGAN SERU, KOCAK & LIAR 4 CEWEK ASIA

COBWEB (2023) - HOROR KLASIK ATMOSFERIK BIKIN BERGIDIK