AIR (2023) - BIOPIK BRAND SEPATU LEGENDARIS YANG ENERGIK, TAKTIS & ATRAKTIF


Duet aktor Matt Damon & Ben Affleck adalah salah satu dynamic duo di Hollywood sejak kemunculan perdana mereka tampil berakting sekaligus menulis naskah film Good Will Hunting yang kemudian meraih naskah terbaik Academy Awards. Setelahnya mereka berkarier masing-masing sebagai aktor dengan film mulri genre. Bahkan Affleck melangkah lebih jauh lagi dengan menjadi sutradara beberapa film yang banyak diakui secara kritik.

Setelah kesuksesan Gone Baby Gone, The Town dan Argo yang meraih gelar Film Terbaik Academy Awards 2013, Affleck memang sempat tersandung di Live By Night, namun kariernya masih gemilang di layar sebagai sang jagoan komik, Batman. Meski sempat redup karena alkohol ia kini kembali bangkit lewat film biopik tentang sejarah munculnya separu Nike Air Jordan lewat film berjudul Air yang ia sutradarai dan mainkan sendiri. 

Air juga sebagai penanda kembalinya duet Ben Affleck & Matt Damon sebagai aktor bersama Jason Bateman, Chris Messina, Chris Tucker dan aktris watak, Viola Davis. Air tayang mulai 5 April 2023 di bioskop Indonesia.

Sinopsis

Diambang penutupan, divisi sepatu basket Nike yang dipimpin Sonny Vaccaro (Matt Damon) sebagai pencetus ide dan pencari bakat baru untuk brand sepatu basket Nike, merasa tahun ini Nike harus mempertaruhkan semuanya untuk mengontrak satu nama pemain muda yang baru akan main di NBA, Michael Jordan. Satu persatu rintangan dari internal Nike, termasuk sang CEO, Phil Knight (Ben Affleck), Sonny rayu untuk menyetujui idenya. 

Namun, bukan internal Nike saja yang harus ia hadapi, tetapi sosok Michael Jordan sendiri yang membenci Nike, agennya yang hanya berpikir soal uang dan kenyamanan kliennya David Falk (Chris Messina) dan yang paling utama adalah ibunya Michael, Deloris (Viola Davis) yang mengatur segala urusan kontrak Jordan dan mempengaruhi segala keputusan Jordan. Bukan hal yang mudah, tetapi Sonny harus melalui itu semua untuk menciptakan brand sepatu olahraga terlaris di dunia, Nike Air Jordan.

Ulasan

Menceritakan sebuah kisah bersejarah yang sudah diketahui hasil akhirnya di dunia nyata sebenarnya susah-susah gampang. Perlu trik-trik dan formula tertentu. Disamping naskah dan gaya tutur yang tidak membosankan, juga penokohan yang tepat dengan isian dialog berkesan di momen-momen dramatis. Dan Air punya itu semua.

Naskah yang ditulis oleh penulis naskah debutan Alex Convery dengan bantuan konsultan sang Sonny Vaccaro asli bekerja dengan baik di keseluruhan adegan film. Durasi 112 menit film berjalan sangat cepat dan mengalir tanpa jeda. Pemilihan momen-momen yang diambil sebagai bagian penting dari lahirnya brand Air Jordan sangat tepat. Dari mulai konflik awal ancaman penutupan divisi sepatu basket yang tidak perform, kalah bersaing dari Adidas dan Converse dalam merekrut bintang NBA ternama, sampai bujet minim yang dikeluarkan dewan direktur yang membuat Sonny frustrasi.

Dari sana film bergerak kepada momen Sonny mendapat ilham bahwa Michael Jordan orang yang tepat, negosiasi alot dengan internal perusahaan Nike sendiri, termasuk Phil yang nyentrik, negosisasi luar biasa alot agen Jordan hanya untuk janji temu, sampai kenekatan Sonny menemui orang tua Jordan lewat tatap muka. Convery merangkai adegan demi adegan tersebut dengan dialog cepat yang menggelitik. Nyaris di tiap dialog selalu memiliki isi, entah itu punchline komedi, kutipan yang berkesan atau berisi trivia sejarah yang belum banyak diketahui orang. Dan satu hal yang penting, elemen-elemen menegangkan tetap ada meski kita sudah tahu hasil akhirnya. Bagi kami Alex Convery adalah penulis naskah yang layak dicatat untuk diikuti kariernya ke depan nanti.

Dari sisi akting, Matt Damon (Jason Bourne, The Martian) secara meyakinkan tampil sebagai Sonny Vaccaro, si paling paham basket yang merasa kontribusinya di Nike belum benar-benar maksimal sampai ia berhasil mengontrak Michael Jordan. Sonny diceritakan sebagai sosok yang menghargai pemain atau atlet dan mengharapkan mereka memperoleh uang sesuai dengan talenta hebat yang mereka miliki. Sosok Sonny yang obsesif ditemani dua sosok rekan kerja Robert Strasser yang dimainkan secara apik oleh Jason Bateman (serial Ozark, The Gift). dan Chris Tucker (Rush Hour, The Fifth Element) dalam penampilan penuh kesannya sebagai Howard White. 

Ben Affleck (Paycheck, Justice League) tampil nyentrik sebagai Phil yang penuh kharisma. Sosok Phil Knight yang berhasil membangun Nike sebagai sepatu jogging ternama itu adalah karakter bos yang kerap membandingkan keberhasilannya untuk diikuti anak buah, namun juga sangat lugu dalam berbisnis. Phil di dalam film ini adalah sumber komedi yang sangat lucu. Sedikit trivia adalah, Phil Knight merupakan ayah Travis Knight yang kini berkarier di Hollywood setelah menyutradarai film Kubo & The Two Strings serta Transformers: Bumblebee.

Dua sosok lain yang layak diberikan kredit lebih dari sisi akting adalah Chris Messina (Argo, Devil) yang berakting trengginas sebagai agen Michael Jordan. Dialog marah-marahnya menghadapi Sonny di dua kesempatan menjadi adegan yang cukup mengesankan dan lucu dalam film. Dua jempol untuk Messina. Sementara, Viola Davis (Suicide Squad, The Help) masih tampil tanpa cela. Dalam penampilan singkat 5 adegan, beliau menunjukkan sosok seorang aktris veteran yang penuh kharisma. 

Sisi teknis sendiri tidak ada yang perlu dikritik, production design dan tata kostum jadi yang paling menonjol dalam film menunjukkan dunia di tahun 1980-an dengan berbagai pernak-pernik, ikon-ikon pop culture, properti kantor sampai kostum yang digunakan dalam film terlihat otentik. Sisi musik yang banyak menggunakan lagu milik band Violent Femmes menjadi satu hal yang menarik perhatian. Musiknya sangat catchy dengan gaya-gaya musik rock alternatif yang pas dengan ernegi film. 

Kesimpulan Akhir

Penasaran dengan sejarah sepatu legendaris Nike Air Jordan? Pantang melewatkan film ini. Dikemas dengan gaya penceritaan taktis, bertempo cepat dengan isian dialog penting tepat sasaran, tanpa basa-basi dan penuh dialog kocak dan cerdas, fim Air dijamin akan memberikan tontonan informatif sekaligus menghibur dengan barisan aktor papan atas yang berakting luar biasa di film ini,

Air tayang di bioskop Indonesia mulai hari ini.       

My Rating: 4,5/5 Stars

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GITA CINTA DARI SMA (2023) – ADAPTASI PROGRESIF DARI ROMAN REMAJA TERHALANG RESTU

JOY RIDE (2023) – PETUALANGAN SERU, KOCAK & LIAR 4 CEWEK ASIA

COBWEB (2023) - HOROR KLASIK ATMOSFERIK BIKIN BERGIDIK