GUY RITCHIE’S THE COVENANT (2023) – DI TENGAH KECAMUK PERANG, KAWAN JADI SAUDARA



Sepak terjang Guy Ritchie di industri perfilman dunia dimulai dari film-film berbujet kecil di tanah kelahirannya, Inggris lewat film Lock, Stock & Two Smoking Barrells & Snatch. Kini setelah mulai memiliki nama besar dengan film blockbuster yang ia sutradarai dalam film Aladdin dan Sherlock Holmes, Ritchie kembali ke akarnya memproduksi film-film dengan skala lebih kecil dan sederhana berjudul The Covenant dengan gaya dan signature-nya, brotherhood.

Dibintangi Jake Gylenhaal, Alexander Ludwig, Jonny Lee Miller, Emily Beecham, Anthony Starr dan aktor asal timur tengah, Dar Rahim, film bertajuk lengkap Guy Ritchie’s The Covenant tayang di bioskop Indonesia mulai 19 April 2023.

Sinopsis

Memimpin pasukan khusus pelacak bom dan senjata berat Taliban saat bertugas di Afganistah, Sersan John Kinley (Jake Gyllenhaal) menghadapi sebuah kenyataan pahit saat satu anak buah dan penerjemahnya tewas akibat ledakan bom Taliban. Hadirnya penerjemah baru bernama Ahmed (Dar Rahim) pun membawa angin segar ke dalam tim Kinley.

Berkah street smart yang dimiliki Ahmed plus kedekatannya dengan dunia kriminal di Afganistan membuat Ahmed jadi aset berharga di tim Kinley. Sebuah tragedi yang menimpa Kinley dan timnya pun membuat Kinley berutang besar pada Ahmed, yang membuatnya jadi buronan utama Taliban. Dan kini, saatnya bagi Kinley membalas utang budi kepada Ahmed.

Ulasan

Datang dengan ekspektasi tinggi melihat Guy Ritchie menyutradarai film perang, kami sedikit berasumsi bahwa film Guy Ritchie’s The Covenant ini akan banyak berkutat di sisi psikologis para tentara yang mengalami PTSD (Post Traumatic Stress Disorder), ternyata terpenuhi bahkan melebihi saat film berdurasi 2 jam 3 menit ini membicarakan soal respek, utang budi dan hubungan persaudaraan yang tercipta di sepanjang durasi film.

Naskah film yang ditulis keroyokan antara Ritchie, Ivan Atkinson dan Marn Davies yang juga menulis The Gentlemen dan Wrath of Man, membuka film dengan mengenalkan kita pada Kinley dan timnya. Sebuah tragedi yang menewaskan satu anak buah dan penerjemah tim Kinley membawa kita berkenalan pada sosok Ahmed. Paruh awal film pun menunjukkan sepak terjang Ahmed yang ternyata sangat berguna bagi pasukan Kinley, bahkan mampu menyelamatkan nyawa Kinley.

Film berjalan tiga perempat film saat cerita bergerak ke usaha Kinley membayar utang budinya kepada Ahmed. Ritchie dengan cerdik memainkan emosi penonton sampai ke level berharap Ahmed selamat dari kejaran Taliban lewat bantuan Kinley. Setelah di awal penonton melihat love and hate relationship antara Kinley & Ahmed, lalu di babak dua bagaimana Ahmed meraih simpati, klimaksnya penonton akan diberikan momen respek pada kedua karakter utama ini. Sebuah film brotherhood yang sangat baik menggambarkan hubungan persaudaraan yang timbul dari sebuah tragedi perang.

Ritchie menggarap teknis film dengan penuh kecermatan. Afganistan digambarkan sangat mengerikan dengan medan jalan yang sulit, ancaman para anggota Taliban yang kerap muncul di mana-mana, main bunuh sana-sini, sukses bikin kami bersyukur hidup di Indonesia yang aman, damai dan sentosa.Momen-momen adu senjata juga digarap baik oleh Ritchie, tanpa efek berlebih, letusan peluru dan ledakan yang terlihat nyata serta kematian-kematian yang di luar dugaan. Bisa dibilang Guy Ritchie’s The Covenant ini adalah film antiperang yang cukup efektif menggambarkan kekejaman perang.

Akhir kata, tontonlah Guy Ritchie’s The Covenant jika kau ingin melihat film perang yang tidak biasa, melainkan film perang yang sepanjang durasinya membangun relasi persaudaraan yang bereskalasi baik sampai pada klimaks yang membuat penonton berharap kedua karakter utama bisa bersatu lagi dan saling menepati ikatan janji mereka.

Guy Ritchie’s The Covenant tayang di bioskop Indonesia mulai hari ini, 19 April 2023.

Rating: 4,5/5 Stars

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GITA CINTA DARI SMA (2023) – ADAPTASI PROGRESIF DARI ROMAN REMAJA TERHALANG RESTU

JOY RIDE (2023) – PETUALANGAN SERU, KOCAK & LIAR 4 CEWEK ASIA

BEAUTIFUL DISASTER - FILM ROMAN DEWASA YANG RENYAH & MENGHANYUTKAN