EVIL DEAD RISE (2023) – HOROR TERBAIK 2023? KAYAKNYA SIH IYA!!!

Oke! Saat diumumkan franchise Evil Dead akan diproduksi lagi, teriakan histeris penulis sebagai penggemar film horor seakan tidak tertahan lagi. Apalagi sudah 4 tahun sejak serial  Ash Vs. Evil Dead yang diproduksi Starz tamat dengan ending yang sama membagongkannya dengan versi film tahun 2013. Jadi entah mau dibikin reboot, remake, spin off, sekuel atau apapun bentuknya seri film terbaru Evil Dead akan penulis tunggu dengan ekspektasi yang terjaga.

Kini penantian tersebut usai sudah, Evil Dead Rise karya sutradara Lee Cronin sudah diputar reguler di US dan press screening di Indonesia. Hasilnya? GILA TO THE MAXXX, ngeri banget, serem, gore, berdarah-darah, semua tumplek jadi satu. So kalian harus nonton Evil Dead Rise saat tayang di bioskop Indonesia 5 Mei nanti. Jangan sampai nggak!

Sinopsis (dengan sedikit reaksi...)

Dibuka dengan set klasik di sebuah kabin pinggir danau yang dihuni remaja liburan, film langsung tancap gas menampilkan adegan kerasukan seorang karakter remaja perempuan pirang yang sepertinya kerasukan Deadites (setannya Evil Dead). Adegan kulit kepala di cabut, mutilasi, kepala buntung langsung muncul sebelum opening title muncul.

Lanjut ke sebuah keluarga di apartemen yang seminggu lagi mau dirubuhkan. Sebuah keluarga ibu tunggal dengan 3 anak dikunjungi bibinya. Semua baik-baik saja sampai sebuah gempa melanda kota dan membuat retakan di basement apartemen yang membuka sebuah ruangan rahasia. Anak laki-laki ceroboh masuk ke ruangan di bawah, menemukan buku Necronomicon dan voila! All hell break loose! Sang iblis masuk ke dalam raga sang ibu, teror pun dimulai. Segala macam adegan gore akan membuat penonton berteriak, menutup mata, meringis, menangis bahkan bikin mual sampai ingin pulang. Ya filmnya segila itu.

Ulasan

Film terakhir Lee Cronin sebelum Evil Dead Rise itu kan Hole in The Ground ya, memang sih horor juga tapi rasa-rasanya gak ada apa-apanya dibanding film terbaru dia ini. Cronin membawa seri franchise Evil Dead ke arah yang sama dengan versi 2013 milik Fede Alvarez, tidak ada lagi komedi gaya Sam Raimi sang kreator, yang ada ‘Cuma’ teror demi teror gila yang menyiksa para karakter dalam film ini.

Keputusan menyerahkan film ini pada aktor-aktor tidak memiliki nama besar jadi salah satu keuntungan film. Penonton jadi tidak bisa menebak siapa sebenarny yang bakalan jadi tokoh yang selamat dalam film. Hebatnya penonton bisa dibuat peduli oleh para karakter dalam film dalam waktu singkat perkenalan. Jadi walaupun pemainnya gak terkenal saat mereka diteror dan disiksa kita bisa merasakan ngeri dan takutnya.

Naskah film yang juga ditulis Cronin memang simple dan tidak keluar jalur dari pakem Evil Dead. Ketemu buku necronomicon, dibaca mantranya, kerasukan, menyiksa orang sekitar, berusaha survive dan parade darah demi darah dilengkapi dengan adegan mutilasi memakai alat signature film, Gergaji Listrik!

Kayaknya nggak perlu direview panjang-panjang langsung aja semua nonton. Enjoy ditakut-takutin, nikmati produksi film dengan efek praktis yang dipadu efek komputer yang semakin believeablenya tampil di layar. Kayak beneran euy! Tangan ketusuk beling, makan beling keliatan di jakun, bola mata keluar dari soket matanya, adegan tusuk, sayat, mutilasi pake mesin pencacah daging, dll. Tidak Cuma itu, Cronin juga pandai memainkan teror hide and seeknya, ngumpet-ngumpet, dengan jumpscare pake blocking yang timing-nya terjaga bikin dinamika film terasa asyik.

Atmosfer apartemen yang kumuh dilengkapi sudut-sudut yang gelap juga memberikan kengerian tersendiri. Jagolah pokoknya tim produksi di film ini. Apalagi tim make up yang bikin karakter ibu yang terinfeksi deadites jadi berubah mukanya, yang tadinya secakep Bryce Dallas Howard atau Jessica Chastain jadi setan yang naudzubillah seremnya! Kerja tim sound editing juga patut diacungi jempol, suara patahan tulang, orkestra kejutan pas jumpscare, bahkan suara rekaman mantra Necronomicon atau Naturom Demonto kerasa otentik banget, detail-detailnya terjaga.

Kesimpulan Akhir

Saya suka sekali film ini! Evil Dead Rise adalah surga bagi pecinta horor. Tidak perlu jadi penggemar Evil Dead untuk menikmati horor yang mencekam, mengerikan, membuat jijik dan mual, serta berpotensi menjadi mimpi burukmu saat tidur. Ajak teman-teman atau keluargamu nonton bareng film Evil Dead Rise dan jangan malu-malu, berteriaklah saat ketakutan, tepuk tangan saat jagoan menang, atau bersoraklah saat sang iblis muncul.

Evil Dead Rise tayang 5 Mei 2023 di bioskop Indonesia! Fans Horor Wajib Nonton!!!

Rating: 5/5 Stars

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GITA CINTA DARI SMA (2023) – ADAPTASI PROGRESIF DARI ROMAN REMAJA TERHALANG RESTU

JOY RIDE (2023) – PETUALANGAN SERU, KOCAK & LIAR 4 CEWEK ASIA

COBWEB (2023) - HOROR KLASIK ATMOSFERIK BIKIN BERGIDIK