THE BIG SICK (2017)

Dir: Michael Showalter
Screenplay: Emily V. Gordon, Kumail Nanjiani
Cast: Kumail Nanjiani, Zoe Kazan, Holly Hunter, Ray Romano
Genre: Drama, Comedy, Romance

Kumail Nanjiani yang kini mempunyai nama besar di Hollywood lewat serial Silicon Valley ternyata mempunyai kisah cinta yang luar biasa heart warming. Film ini berdasarkan kehidupan Kumail dengan Emily, dimulai saat pertama kali mereka bertemu sampai kepada the titular event, The Big Sick.

Sebagai seorang stand up komedian yang tengah mencoba menapak karir di kota Chicago sambil nyambi sebagai supir uber, Kumail menghadapi cobaan berat manakala keluarganya yang muslim taat dan amat menghormati tradisi Pakistan terus menjodohkannya dengan gadis-gadis Pakistan.   Semua perjodohan dijalani Kumail sambil berpura-pura menjadi muslim yang taat dan warga Pakistan yang menjalankan tradisi. 



Sampai pada suatu saat Emily datang ke show Kumail. Mereka bertemu dan saling jatuh cinta dan Hidup Kumail tak sama lagi. Apalagi belakangan Emily jatuh sakit saat hubungan mereka tengah renggang, buah akibat berbagai kebohongan Kumail untuk menutupi pendapat keluarganya akan sosok Emily.


Sejak rilis pada juni lalu di Amerika (sebelumnya main di beberapa festival film), The Big Sick sudah mencuri perhatian para kritikus film. Utamanya soal kedalaman cerita yang tidak hanya menceritakan soal a boy gets the girl semata, tapi di dalamnya terdapat banyak studi sosial, seperti tradisi, agama, kebhinekaan, keluarga, persahabatan serta kemanusiaan. Semua tersampaikan dalam film sederhana yang membumi ini.

Setelah saya menonton buah tulisan Emily dan Kumail ini, saya sepakat dengan pendapat tersebut. Banyak momen-momen manis yang tercipta dalam film ini. Dari romansa Kumail & Emily, hubungan Kumail dengan keluarganya, Kumail dengan orang tua Emily, serta dengan sahabat-sahabatnya sesama komedian.

Film ini bukan tipe komedi yang akan membuatmu tertawa tebahak-bahak, namun tertawa dengan hati yang hangat sekaligus bisa membantumu merefleksikan hidup dan hubungan sosialmu dengan pasangan, keluarga dan teman-temanmu.

A big sick is a hell of a big win.

Rate: 5/5


Komentar

Postingan populer dari blog ini

GITA CINTA DARI SMA (2023) – ADAPTASI PROGRESIF DARI ROMAN REMAJA TERHALANG RESTU

JOY RIDE (2023) – PETUALANGAN SERU, KOCAK & LIAR 4 CEWEK ASIA

BEAUTIFUL DISASTER - FILM ROMAN DEWASA YANG RENYAH & MENGHANYUTKAN