BALADA SI ROY (2023) – KISAH-KISAH PEMUDA ERA ‘80-AN YANG ENERGIK & IKONIK

 

Sutradara muda berpengalaman, Fajar Nugros dengan rumah produksi yang ia pimpin IDN Pictures, melanjutkan kiprah suksesnya di sepanjang tahun 2022 dengan menelurkan karya adaptasi novel klasik Balada Si Roy: Joe karya Gol A Gong di awal tahun 2023 ini, film bersetting tahun 1980-an ini mengambil judul Balada Si Roy.

Dibintangi pendatang baru Abidzar Al-Ghifari sebagai Roy dan didukung Febby Rastanti, Bio One, Jourdy Pranata, Omara Esteghlal, Lulu Tobing, Zulfa Maharani, Sitha Marino, Dede Yusuf, Arswendi Bening Swara, Kiki Narendra, Wafda Saifan serta Tanta Ginting, Balada Si Roy tayang di bioskop 19 Januari 2023.

Sinopsis

Pemuda tampan berwatak keras, Roy (Abidzar Al Ghifari) adalah murid baru pindahan ke SMA 1 Serang, Banten. Di hari pertamanya masuk sekolah baru, Roy sudah menarik perhatian dengan bersekolah bersama anjing kesayangannya, Joe. Tidak hanya menarik perhatian Ani (Febby Rastanti) kembang sekolah, tetapi juga mantan pacar Ani, Dullah (Bio One), ketua geng Borsalino yang bandel.

Sebuah kejadian yang melibatkan Joe membuat Roy mendendam pada Dullah yang rupanya adalah anak penguasa Kota Serang. Roy menyesali kota Serang tempatnya tinggal yang membiarkan sosok seperti Dullah dan ayahnya berkuasa di Serang. Pemberontakan mulai Roy lakukan dengan menulis artikel kritik pada Kota Serang membuatnya dikenal dan ditandai oleh penguasa kota. Tidak hanya itu, urusan asmara dengan Ani, Dewi (Sitha Marino) dan Wiwik (Zulfa Maharani) membuat Roy terkesan sebagai playboy. Warna-warni kehidupan Roy terangkum dalam film ini yang membuat Roy memutuskan masa depannya sebagai seorang petualang.

Roy Sang Pemberontak!

Diangkat dari salah satu novel seri Balada Si Roy bertajuk Joe, naskah film ini dikerjakan oleh Salman Aristo (Laskar Pelangi, Cinta Dalam Kardus). Naskah ini adalah usaha Salman menceritakan tahun-tahun pertama Roy tinggal di Kota Serang. Untuk sebuah film perdana dari rencana franchise apa yang dilakukan Salman bersama sang sutradara untuk mengenalkan Roy dan orang-orang di sekelilingnya merupakan hal yang baik dan patut diapresiasi.

Sayangnya, terlalu banyak hal yang ingin diceritakan di dalam satu film ini. Film kurang fokus dalam menceritakan terbentuknya jati diri Roy yang terangkum di akhir film. Roy itu mau jadi apa sebenarnya? Sebagai pemuda kritis, Roy sang pemberontak tukang kelahi, Roy si Pebalap Motor, Roy sang Playboy, semua ingin diceritakan dan sayangnya muncul secara tiba-tiba dan tidak tuntas diceritakan. Bahkan kisah yang berhubungan dengan Joe si anjing terasa tidak tuntas dan kurang memberikan efek yang memuaskan bagi penonton dalam penyelesaiannya.


Sungguh sebuah kemunduran dari sisi Salman Aristo yang bersama sang istri Gina S. Noer (Dua Garis Biru, Like & Share) dikenal sebagai penulis naskah jempolan. Tidak dapat dihindari bahwa naskah adalah masalah utama di film ini. Sementara secara teknis produksi, apa yang dilakukan oleh Fajar Nugros (Inang, Cinta di Saku Celana, Adriana) justru merupakan peningkatan drastis dalam karier penyutradaraan Nugros.

Sebagai pemimpin di IDN Pictures, Fajar Nugros semakin meningkat kualitas penyutradaraannya. Tercatat setelah Srimulat: Hil Yang Mustahal Part 1 & Inang yang banyak dipuji kritikus dan penonton kemampuan Nugros dalam menyutradarai Roy terhitung sebuah skill yang layak diapresiasi. Tidak mudah menyutradarai sebuah film periodik tahun 1980an yang terlihat otentik dan believable seperti di Balada Si Roy ini.

Tim production designer bekerjasama dengan penata rambut, make up dan penata kostum di film Balada Si Roy bekerja dengan baik dan terlihat melakukan riset yang proper. Sinematografi film juga mantap dalam mengambil shot-shot wide dengan sudut-sudut kota Serang lama yang membuat penonton serasa hidup di tahun 80-an. Tidak lupa juga pemilihan palet dan tone warna film yang sangat mendukung mood film. Teknis produksi menjadi keunggulan utama di film ini selain urusan akting.

Ya, kualitas akting di film ini tidak bisa dikesampingkan. Abidzar Al Ghifari di film perdananya tampil gemilang menjadi Roy. Wajahnya yang sangat Indonesia dengan rambut gondrong penanda dirinya sebagai pemuda pemberontak yang terlihat sangat mewakili sosok macho yang kerap diidolakan para wanita di masa tersebut. 

Bio One (Rembulan Tenggelam di Wajahmu, Srimulat: Hil Yang Mustahal Part 1) sang antagonis utama pun menyeimbangkan dengan karakter berkebalikan dari Roy. Dullah tampil rapi, klimis dan berwajah bengis sepanjang film. Sementara para karakter perempuan diwakili oleh pendatang baru Sitha Marino yang menarik perhatian sebagai Dewi si gadis tomboy anak Jakarta. Febby Rastanti dan Zulfa Maharani pun tampil sama sekali tidak mengecewakan.

Karakter lain yang menarik perhatian adalah Lulu Tobing (Dua Garis Biru, Yang Tak Tergantikan) sebagai Ibu Roy yang rapuh namun tegar mendidik Roy tanpa sang suami di sampingnya. Duet montir Gultom bersaudara yang dimainkan Tanta Ginting (3: Alif, Lam, Mim, Tiga Dara) dan Wafda Saifan Lubis (Gendut Siapa Takut) pun tidak kalah mencuri perhatian dalam durasi tampil yang minim.

Kesimpulan Akhir

Balada Si Roy sukses membawa penontonnya menaiki mesin waktu untuk pergi ke tahun 1980-an yang otentik dan believable. Sosok Roy sebagai penanda zaman dan ikon budaya pop di era itu ditampilkan secara lugas meski tidak dalam pola penceritaan yang enak untuk diikuti. Sebuah kemunduran kualitas naskah bagi penulis naskah peraih Piala Citra, Salman Aristo, tetapi sebuah peningkatan kualitas penyutradaraan bagi Fajar Nugros yang semakin matang dan layak dinantikan karya berikutnya.

Balada Si Roy tayang di bioskop mulai 19 Januari 2023. Nonton dan rasakan sensasi hidup di tahun 80-an!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GITA CINTA DARI SMA (2023) – ADAPTASI PROGRESIF DARI ROMAN REMAJA TERHALANG RESTU

JOY RIDE (2023) – PETUALANGAN SERU, KOCAK & LIAR 4 CEWEK ASIA

COBWEB (2023) - HOROR KLASIK ATMOSFERIK BIKIN BERGIDIK