OPERATION FORTUNE: RUSE DE GUERRE (2023) – JASON STATHAM BERAKSI LAGI DI FILM GUY RITCHIE

 

Untuk kesekian kalinya Statham bekerjasama dengan Guy Ritchie dalam film bergenre action comedy yang kali ini bernuansa mata-mata walau tetap kental dengan intrik-intrik ala film-film Ritchie yang punya pola bertutur unik, berkarakter nyentrik dengan sentuhan lelucon-lelucon british yang kering dan konyol.

Tapi film berjudul Operation Fortune: Ruse de Guerre ini punya senjata baru dalam sosok Aubrey Plaza, aktris perempuan yang aslinya nyentrik dan menjadi femme fatale baru di universe Guy Ritchie. Juga didukung Hugh Grant, Eddie Marsan, Cary Elwes plus comeback Josh Hartnett di film besar, Operation Fortune: Ruse de Guerre tayang di bioskop Indonesia mulai Rabu, 25 Januari 2023.  

Sinopsis

Agen khusus, Orson Fortune (Jason Statham) bersama tim baru dan dadakannya, Sofia Fidel (Aubrey Plaza) & JJ Davies (Bugzy Malone) ditugaskan untuk merekrut seorang aktor besar hollywood Danny Francesco (Josh Hartnett) untuk menyamar demi menyelidiki perdagangan senjata mematikan rahasia yang melibatkan seorang milyarder nyentrik, Greg Simmonds (Hugh Grant).

Tugas yang diberikan pemerintah lewat perantara Nathan (Cary Elwes) ini ternyata juga melibatkan  agen lain bernama Mike (Peter Ferdinando) yang juga menyelidiki kasus yang sama dengan dalih kompetisi sehat. Persaingan Fortune & Mike pun demi mengungkap misteri perdagangan senjata ilegal pun menjadi sebuah aksi yang seru dan mematikan.

Ulasan

Dengan nama besar yang dimiliki Guy Ritchie nampaknya sangat mudah untuk mendapatkan project film sesuai dengan passion dan spesialisasinya. Walaupun terhitung berbujet menengah, namun Ritchie seperti punya magnet mengajak aktor-aktor ternama untuk ikut main dalam filmnya, plus Jason Statham yang seakan sudah melekat dengan karier Ritchie sebagai sutradara. Keduanya yang angkat nama lewat film indie Lock, Stock And Two Smoking Barrells semakin mengkilap kariernya di tahun 2023 dan beraksi membuat film action comedy Operation Fortune: Ruse de Guerre.

Film yang naskahnya ditulis Ritchie bersama Ivan Atkinson & Marn Davies yang juga penulis dibalik film film The Wrath of Man & The Gentlemen ini seakan menulis film dalam keadaan mabuk dan bersenang-senang. Tidak ada satu keseriusan yang muncul dalam film ini selain serangkaian ledakan dan aksi tembak-menembak yang digarap serius.

Plot dan karakterisasi film ini seakan dibuat seenaknya untuk mengalirkan kisah yang nyeleneh, konyol dan keren-kerenan saja. Logis? Tentu tidak, tapi apakah menghibur? Tentu saja. Kita dibuat terpana melihat aksi para agen rahasia yang menyamar, menyelidiki milyarder dengan gaya hidup mewahnya, melihat aksi keren menyadap telpon selular, laptop, mencuri rumah orang kaya, membuntuti dengan alat pelacak,dll. Semua serba keren, mirip khayalan para penggemar kisah agen rahasia macam James Bond di masa lalu.

Guy Ritchie menampilkan itu semua dengan karakter Fortune milik Jason Statham (The Transporter, Hobbs & Shaw) yang tangguh, jagoan & memiliki dialog one liner lucu. Dilengkapi dengan karakter agen serba bisa JJ serta tambahan ahli komputer Sofia yang konyolnya di luar nalar. Tambahan Aubrey Plaza (Emily The Criminal, The To Do List) di film ini (dan film Ritchie) terbilang menyegarkan, kali ini Ritchie nggak melulu tentang cowok macho. Hugh Grant (Notting Hill, Nine Months) yang sebelumnya ikut main di The Gentlemen juga memberi warna dengan karakter milyarder nyentriknya, walaupun karakternya terkesan typecast.

Josh Hartnett adalah sosok yang menarik. Dibalik karakternya yang meredup, Hartnett memang masih menyimpan potensi akting baik, dan ini dibuktikan dengan karakter Danny Francesconya di film ini. Momen di after credit jadi momen konyol sekaligus membuktikan kualitas Hartnett sesungguhnya. Aktor tampan yang dulu pernah jadi pemeran utama dalam film Pearl Harbor atau Wicker Park.

Dari sisi teknis, sama sekali tidak ada kekurangan, namun juga tidak ada kelebihan selain set up action yang serius tidak terkesan main-main seperti naskahnya yang terus terang kok mirip plot film The Unbearable Weight of Massive Talent milik Nicolas Cage tahun lalu. Film Operation Fortune: Ruse de Guerre ini menjadi film ala Guy Ritchie yang paling banyak memiliki adegan aksi. The Fast & Furious of Ritchie movie!

Kesimpulan Akhir

Operation Fortune: Ruse de Guerre adalah film buat penggemar Statham, penggemar Ritchie dan film buat para penggemar film aksi menghibur dengan komedi sana-sini. Lupakan logika, nikmati serunya para agen rahasia beraksi menyamar, menyadap, menembak, membom, kejar-kejaran mobil & helikopter sambil berdialog konyol melontarkan lelucon di film ini.

Operation Fortune: Ruse de Guerre tayang di bioskop mulai 25 Januari 2023.

Rating: 3,5/5 stars

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GITA CINTA DARI SMA (2023) – ADAPTASI PROGRESIF DARI ROMAN REMAJA TERHALANG RESTU

JOY RIDE (2023) – PETUALANGAN SERU, KOCAK & LIAR 4 CEWEK ASIA

COBWEB (2023) - HOROR KLASIK ATMOSFERIK BIKIN BERGIDIK