PLANE (2023) – GERARD BUTLER DI FILM ACTION SPESIALISASINYA

Menilik karier Gerard Butler di Hollywood kerap disematkan dengan gelar bintang film yang lekat dengan film action yang berbujet minim sampai menengah. Mulai dikenal Hollywood lewat film blockbuster bertajuk 300 dan Olympus Has Fallen dan beberapa kali mencoba berakting di genre drama dan romance, Butler mampu tampil konsisten di genre action sampai dengan awal tahun 2023 ini lewat film Plane.

Menyandingkan Gerard Butler bersama dengan sang pemeran superhero Luke Cage, Mike Colter dan diarahkan oleh sutradara berpengalaman asal Prancis, Jean-Francois Richet (Le Mesrine part 1 &2, Assault on Precinct 123), Plane akan tayang di bioskop Indonesia mulai 11 Januari 2023.


Sinopsis

Di malam tahun baru, Kapten Pilot pesawat komersil Trailblazer, Brodie Torrance (Gerard Butler), terpaksa harus melewatkan pernikahan putrinya di Maui demi menerbangkan pesawat dari Manila ke Jepang. Bersama ko pilot Samuel Dele (Yoson An), Brodie terpaksa harus melewati badai demi menghemat biaya bahan bakar karena hanya membawa 14 penumpang saja, termasuk seorang narapidana pembunuh bernama Gaspare (Mike Colter) yang hendak dipindahkan tahanannya.

Malangnya badai petir membuat mesin dan navigasi pesawat rusak hingga memaksa Brodie mendaratkan pesawat di pulau antah berantah tanpa peta dan GPS. Keberuntungan Brodie mendaratkan pesawat tidak berlanjut karena mereka mendarat di sebuah pulau yang dikuasai para separatis bersenjata yang sangat berbahaya. Brodie pun terpaksa harus mengambil berbagai langkah untuk bertahan dan menyelamatkan diri dan para penumpang dari para separatis bersenjata di pulau tersebut.

One Badass Hero Named Brodie Torrance!

Hollywood punya sejarah panjang film-film jagoan tunggal yang bertarung melawan sekelompok tentara musuh, teroris, perompak maupun separatis bersenjata. Sejak era 1980-an kita mengenal Sylvester Stallone dengan karakter Rambo di franchise First Blood atau Rocky , Arnold Scwarzeneger di film Commando, Predator atau Terminator, Jean-Claude Van Damme di Bloodsport, Universal Soldier dan Hard Target, sampai ke Steven Seagal dalam Under Siege atau Above The Law. Di era modern ini, rasa-rasanya Gerard Butler bersama Liam Neeson (Taken, Unknown) adalah dua aktor film yang menggantikan nama-nama besar tersebut.

Sutradara Jean-Francois Richet benar-benar memanfaatkan nama besar Butler di film ini. Karakter Brodie Torrance dimaksimalkan sebagai seorang karakter yang tidak hanya punya nama keren, tetapi juga berkarakter mulia rela mengorbankan dirinya demi menyelamatkan para penumpang dan kru pesawatnya. Naskah Plane yang ditulis Charles Cumming (A Spy By Nature) dan J.P. Davids (The Contractor) benar-benar memfasilitasi itu. Ditambah lagi dengan karakter Gaspare milik Mike Colter (series Luke Cage, Zero Dark Thirty) yang juga mendapatkan kesempatan yang sama dengan karakter from zero to hero miliknya.

Tidak hanya dua karakter utama tersebut, film ini juga memberikan kesempatan pada sosok ko pilot Samuel Dele yang diperankan dengan mengesankan oleh aktor kelahiran Tiongkok, Yoson An (Mulan 2019, The Meg) dan pramugari Bonnie yang sangat helpful dan berperan besar menenangkan para penumpang. Bonnie dimainkan aktris yang dikenal lewat Jurassic World: Fallen Kingdom, Daniela Pineda.

Secara keseluruhan naskah film memang bukan bagian terbaik film, bahkan punya kecenderungan mengesampingkan plot demi mengedepankan para karakter utamanya bersinar. Tapi sepertinya langkah ini tepat untuk film sejenis Plane ini. Dibangun dengan baik dalam menunjukkan kepahlawanan dan betapa handalnya sang kapten Brodie dalam menerbangkan pesawat, film melanjutkan babak kedua dengan menonjolkan jiwa kepemimpinan dan kemampuannya dalam bertarung.

Dari sisi teknis Richet memang tidak banyak keluar dari formula film-film action sejenis, namun di beberapa kesempatan Richet bersama penata sinematografi, Brendan Galvin (Flight of The Phoenix, Behind Enemy Lines) menampilkan beberapa shots menarik dari berbagai sudut pandang. Satu yang penulis ingat adalah set-up dari PoV kamera ke kaca dalam sebuah adegan di dalam bus. Sederhana namun mampu memberi dinamisasi gambar.

Adegan tembak-menembak yang mendominasi film juga termasuk baik, apalagi momen digunakannya senjata kaliber besar yang setiap diletuskan dan memakan korban membuat penonton bersorak. Penggunaan pisau juga jadi bagian menarik, karena kendati mendapat rating dewasa dan memasukkan adegan menusuk dan menggorok leher, namun tidak ada adegan close up yang membuat film ini terbilang tidak terlalu sadis untuk ukuran film action berating dewasa.


Watch it or Leave it?

Plane adalah sebuah film action dengan sedikit sentuhan disaster movie yang didesain untuk menghibur para penggemar film action dan juga bagi penonton awam yang murni mencari hiburan pelepas penat. Dengan Gerard Butler sang ikon film action modern dengan karakter badass, keren dan tangguh miliknya, Plane menjadi film yang meskipun formulaic namun tetap seru, menyenangkan dan penuh momen-momen dramatis yang akan membuat penonton bersorak dan bertepuk tangan.

Plane tayang mulai 11 Januari 2023 di bioskop Indonesia.

Rating: 3,5/5 stars

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GITA CINTA DARI SMA (2023) – ADAPTASI PROGRESIF DARI ROMAN REMAJA TERHALANG RESTU

JOY RIDE (2023) – PETUALANGAN SERU, KOCAK & LIAR 4 CEWEK ASIA

COBWEB (2023) - HOROR KLASIK ATMOSFERIK BIKIN BERGIDIK