MONEY MONSTER (2016)


Dir: Jodie Foster
Cast: George Clooney, Julia Roberts, Jack O'Connel, Giancarlo Esposito, Dominic West, Caitriona Balfe, Emily Meade
Genre: Thriller, Drama



Pernahkan kita bertanya kemana uang kita saat kita berinvestasi saham? Film ini berusaha mengangkat isu tersebut. Berlatar sebuah acara TV bertajuk "Money Monster" yang dipandu oleh Lee Gates (George Clooney), yang pada dasarnya menyampaikan berita di pasar saham beserta memberikan tips & trik bermain saham dengan orientasi profit. Tak dinyana sebuah kesalahan algoritma di sebuah program milik perusahan yang sudah go public bernama Ibis Clear Capital yang sebelumnya direkomendasikan Gates untuk dibeli menghasilkan kerugian 800 juta dolar. Penjelasan CEO Ibis, Walt Camby (Dominic West) soal kesalahan algoritma ternyata membawa masalah.

Masalah tersebut muncul pada sosok Kyle Budwell (Jack O'Connel) yang datang ke studio di tengah syuting siaran langsung Money Monster dengan membawa bom dan menyandera Gates dan seluruh kru, termasuk sang sutradara, Patty Fenn (Julia Roberts). Kyle menyalahkan Gates sebagai orang yang memberikan saran untuk membeli saham Ibis dan mengakibatkan kerugian 60 ribu dolar miliknya. Kyle juga menuduh Ibis sebagai perusahaan penipu dan Gates sebagai anteknya. Drama penyanderaan disaksikan melalui siaran langsung atas tuntutan Kyle yang juga menuntut penjelasan yang sebenarnya atas kerugian 800 juta dolar yang dialami Ibis Clear Capital.


Diarahkan oleh aktris kawakan, Jodie Foster yang sebelumnya pernah menyutradarai Little Man Tate dan The Beaver, film ini seakan menjawab keraguan publik akan kemampuan Foster dalam mengarahkan film besar. Dan ya, Foster berhasil dalam membuat film penuh tensi yang tinggi sejak awal film. Padat, tidak berbasa-basi dan tidak rumit juga dalam penyampaian materi yang sebenarnya cukup rumit. 

Segi akting juga berperan besar dalam mengantarkan film ini ke dalam teritori film thriller yang bagus. Clooney dan Roberts bermain baik, namun Jack O'Connel yang luar biasa di sini. Dengan emosi yang turun naik, meledak-ledak namun juga tampak bingung, sangat bagus. 



Kekurangan film ini ada di sosok polisi yang terkesan 2 dimensi dan tidak terlihat taktis dan in control. Padahal dipimpin oleh Giancarlo Esposito yang luar biasa keren di Breaking Bad. Lain-lainnya adalah saya lihat Foster banyak mengambil contoh dari film Inside Man (Spike Lee), film thriller penyanderaan yang juga diperankan oleh Foster. Shot-shot gambar serta tone dan intensitasnya mirip. Sebuah contoh yang bagus untuk diterapkan di film ini. 

Singkatnya, Money Monster adalah film thriller yang menegangkan sekaligus informatif, dengan  memberikan latar penjelasan akan dunia investasi sekaligus politik, yang melibatkan sekian banyak uang yang diputar dan diselewengkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab demi memperkaya diri mereka pribadi.

Rate; 3,5 out of 5 stars

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Flight 7500

MISTERI DILAILA V2 (2019) - THRILLER HOROR DENGAN TATA PRODUKSI APIK

SUNDUL GAN: THE STORY OF KASKUS (2016)